Note

Pergerakan IHSG Masih Mengekor Bursa Global

· Views 16
Pergerakan IHSG Masih Mengekor Bursa Global

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan ditutup melemah 0,59% ke level 6.636,47 pada perdagangan Kamis (18/11). Investor asing mencatatkan nilai penjualan bersih Rp 417,93 miliar. Dus, asing sudah mencetak jual bersih empat hari berturut-turut.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana melihat koreksi kemarin sejalan dengan pergerakan bursa global dan Asia yang cenderung terkoreksi juga. "Dari teknikal, IHSG sebelumnya memang menunjukkan tanda-tanda koreksi," ujarnya, Kamis (18/11).

Mengutip Reuters, Indeks MSCI Asia di luar Jepang terkoreksi 0,5% kemarin. Ini terutama karena pelemahan saham-saham teknologi di bursa saham Hong Kong.

Untuk perdagangan hari ini (19/11), IHSG masih rawan terkoreksi. Indeks berpeluang menguji 6.560 terlebih dahulu.Area support terdekat di 6.550 dan resistance di 6.680.

Pelaku pasar akan memperhatikan data neraca pembayaran Indonesia (NPI) kuartal III. Salah satu komponen yang dicermati pasar adalah defisit transaksi berjalan atau current account deficit. Bank Indonesia sebelumnya memperkirakan, CAD Indonesia akan berkisar 0%-0,8%. 

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan juga memprediksi IHSG akhir pekan ini akan melanjutkan pelemahan. Analisa dia, secara teknikal, candlestick IHSG telah membentuk lower high dan lower low, dengan volume yang cukup tinggi. Indikator stochastic juga membentuk dead cross di area jenuh beli atau overbought. Ini mengindikasikan potensi pelemahan indeks.

Dennies memperkirakan, investor juga masih terpengaruh perkembangan terkait inflasi dari Amerika Serikat (AS). Sekadar informasi, AS sudah mengumumkan inflasi Oktober 6,2% year on year. Ini merupakan inflasi tertinggi sejak 1990.

Kondisi ini mencuatkan spekulasi The Fed akan mempercepat kenaikan bunga dibanding perkiraan. Padahal The Fed baru memulai tapering off akhir November ini.

Dennies memperkirakan, rentang support IHSG ada di 6.594-6.615 dan resistance di 6.6663-6.690. Beberapa saham yang dapat diamati antara lain WIKA, HMSP dan BSDE. Sedangkan Herditya merekomendasikan LSIP, SSMS, AGRO dan PNBS.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.