Note

Pergerakan IHSG Menunggu Hasil BI Rate

· Views 28
Pergerakan IHSG Menunggu Hasil BI Rate

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,37% ke 6.675,80 pada Rabu (17/11). Sejumlah analis memperkirakan, IHSG masih berpeluang melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini (18/11).

Analis Phillip Sekuritas Helen mengatakan, penguatan IHSG kemarin terjadi berkat kenaikan bursa saham Wall Street. Ini menyusul rilis data penjualan ritel Amerika Serikat yang hasilnya positif.

Selain itu, IHSG berpeluang menguat secara teknikal. "Pelaku pasar akan menantikan hasil RDG Bank Indonesia, prediksinya suku bunga diperkirakan akan dipertahankan pada level saat ini," ujar Helen, kemarin.

Phillip Sekuritas memperkirakan IHSG akan bergerak dengan support di level 6.650. Sementara untuk resistance ada di level 6.692.

Mino, Analis Indo Premier Sekuritas, menyebut, selain mengekor Wall Street, bursa saham juga menguat ditopang laporan keuangan emiten sektor ritel, momentum pelemahan harga komoditas, serta ekspektasi dipertahankannya suku bunga acuan dalam negeri di level 3,5%. Dia memperkirakan, IHSG menguat dengan rentang support di 6.645-6.705.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan juga memperkirakan IHSG berpeluang kembali menguji resistance 6.680-6.700 hari ini. "Secara teknikal, penyempitan slope pada stochastic RSI dan MACD mendukung proyeksi tersebut," tulisnya dalam riset. Proyeksi dia, support dan resistance IHSG ada di 6.580 dan 6.680.

Valdy berujar, dari regional, IHSG dibayangi data ekonomi Jepang yang kurang memuaskan. Antara lain, perlambatan pertumbuhan pemesanan mesin sebesar 12,5% yoy di September dari 17% di Agustus 2021, serta penurunan nilai ekspor dan impor.

Masih dari eksternal, pelaku pasar juga mewaspadai kecenderungan peningkatan kasus baru Covid-19, terutama di kawasan Eropa dalam sepekan terakhir. Faktor lain yang membuat pelaku pasar cenderung wait and see adalah antisipasi dimulai pengetatan kebijakan moneter oleh The Fed di akhir November 2021.

Sementara Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki mengingatkan ada bursa saham saat ini rawan profit taking. Dia memperkirakan, rentang pergerakan IHSG hari ini di 6.590-6.725.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.