Note

Ekonomi Lesu, GDP Jepang Menyusut Di Kuartal III

· Views 33

Seputarforex - Pada hari Senin (15/November), Biro Statistik Jepang merilis data GDP yang merosot dari 1.5 persen ke -3.0 persen secara tahunan (Year-over-Year) pada kuartal ketiga. Angka ini lebih buruk dari forecast ekonom yang memperkirakan penurunan sebesar 0.8 persen.

Ekonomi Lesu, GDP Jepang Menyusut Di Kuartal III

Kemunduran ekonomi Jepang juga terlihat dalam data GDP kuartalan (Quarter-over-Quarter) yang berkontraksi 0.8 persen, lebih buruk dari ekspektasi penurunan 0.2 persen. Secara umum, perekonomian Jepang belum menunjukkan tanda pemulihan yang solid sejak awal tahun. Pasalnya, ekspansi hanya terlihat di kuartal kedua.

Kondisi ini tidak terlepas dari langkah pembatasan COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah di awal kuartal ketiga. Akibat kebijakan tersebut, konsumsi swasta yang berkontribusi lebih dari setengah perekonomian melemah hingga 1.1 persen, lebih rendah dari ekspektasi penurunan 0.5 persen.

Jepang sejatinya tengah menghadapi stagflasi, karena tingkat inflasi terus meningkat sementara ekonomi justru berkontraksi. Kondisi ini dapat menekan belanja konsumen sehingga dapat berdampak sistemik bagi perekomomian Jepang ke depannya.

 

Rilis data GDP Jepang kuartal ketiga pagi ini tidak bedampak signifikan terhadap pergerakan mata uang Yen melawan Dolar AS. Pair USD/JPY berada pada kisaran 113.94, menguat 0.08 persen secara harian. Secara garis besar, Yen masih tidak berkutik atas dominasi Dolar AS yang selama beberapa sesi terakhir menguat signifikan berkat ekspektasi Fed Rate Hike.

Ekonomi Lesu, GDP Jepang Menyusut Di Kuartal III

Ekonomi Lesu, GDP Jepang Menyusut Di Kuartal III

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.