Note

Pergerakan Rupiah Dipengaruhi Data Neraca Dagang

· Views 22
Pergerakan Rupiah Dipengaruhi Data Neraca Dagang

ILUSTRASI. rupiah

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah berpotensi menguat di awal pekan ini. Data neraca dagang yang positif akan menjadi bahan bakar bagi mata uang Garuda.

Research & Education Coordinator Valbury Futures Nanang Wahyudin memperkirakan, neraca dagang Oktober akan surplus US$ 4,7 miliar. "Ini akan memperkuat fundamental rupiah," kata Nanang, Sabtu (13/11).

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri yakin neraca dagang akan surplus. Hitungan dia, ekspor Indonesia akan kembali tumbuh dua digit, sehingga neraca perdagangan akan kembali surplus.

Dari sisi eksternal, Reny menilai, investor asing akan wait and see, menyikapi inflasi Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi dari ekspektasi.

Reny memperkirakan hari ini rupiah akan bergerak antara Rp 14.210-Rp 14.287 per dollar AS dengan kecenderungan menguat. Nanang juga memprediksi rupiah berpeluang menguat dan bergerak dengan kisaran Rp 14.200 - Rp 14.260 per dollar AS.

Adapun pada perdagangan Jumat (11/11), kurs spot rupiah ditutup menguat 0,41% ke level Rp 14.219 per dollar AS. Dalam sepekan, kurs rupiah tidak banyak bergerak dan cuma naik 0,78%.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.