Note

Perkiraan Harga Emas: XAU/USD Tampaknya Siap untuk Menantang Zona Pasokan $1832-34

· Views 45
  • Emas membukukan kenaikan hari ketiga berturut-turut pada hari Senin di tengah pullback USD yang sedang berlangsung.
  • Dorongan risk-off, penurunan imbal hasil obligasi AS terus memberikan beberapa dukungan pada hari Selasa.
  • Para investor menjadi berhati-hati karena fokus sekarang bergeser ke angka inflasi AS pada hari Rabu.

Emas naik di atas langkah positif kuat yang diilhami bank sentral yang dovish minggu lalu dan membukukan kenaikan untuk sesi ketiga berturut-turut pada hari Senin. The Fed tetap berpegang pada narasi inflasi sementara dan menunjukkan bahwa pembuat kebijakan tidak terburu-buru untuk menaikkan biaya pinjaman. Secara terpisah, Bank of England mengejutkan investor dan memutuskan untuk mempertahankan suku bunga stabil. Ini, pada gilirannya, dilihat sebagai faktor kunci yang bertindak sebagai pendorong untuk logam kuning yang tidak berimbal hasil.

Pembeli lebih lanjut mengambil isyarat dari penurunan retracement dolar AS yang sedang berlangsung dari puncak lebih dari 13 bulan yang dicapai sebagai reaksi terhadap laporan pekerjaan bulanan AS yang optimis pada hari Jumat. NFP utama menunjukkan bahwa ekonomi AS menambahkan lebih dari yang diharapkan, 531 ribu pekerjaan pada bulan Oktober dan tingkat pengangguran turun menjadi 4,6% dari 4,8% sebelumnya. Meskipun demikian, kekecewaan dari tingkat partisipasi yang lebih rendah mendorong beberapa long-unwinding USD dan menguntungkan komoditas berdenominasi dolar.

Emas akhirnya menetap di dekat ujung atas kisaran perdagangan hariannya dan menyentuhncapai tinggi baru dua bulan selama sesi Asia pada hari Selasa. Dorongan risk-off di pasar ekuitas memperpanjang beberapa dukungan ke safe-haven XAU/USD di tengah penurunan baru dalam imbal hasil obligasi Pemerintah AS. Ini, bersama dengan bias jual USD yang berkelanjutan, mendukung prospek kenaikan tambahan, meskipun pedagang lebih suka menunggu katalis baru dari angka inflasi konsumen AS terbaru.

Terlepas dari pandangan the Fed yang dovish, investor tampaknya yakin bahwa the Fed akan dipaksa untuk mengadopsi respons kebijakan yang lebih agresif untuk menahan inflasi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, fokus akan tetap terpaku pada rilis laporan IHK AS pada hari Rabu. Data akan mempengaruhi ekspektasi kenaikan suku bunga the Fed dan memberikan dorongan arah baru untuk emas. Sementara itu, XAU/USD tetap bergantung pada dinamika harga USD dan sentimen risiko pasar yang lebih luas.

Kemudian selama awal sesi Amerika Utara, pedagang akan mengambil petunjuk dari kalender ekonomi AS – menampilkan rilis Indeks Harga Produsen (IHP). Terlepas dari ini, pernyataan Ketua the Fed Jerome Powell pada konferensi daring akan dilihat untuk beberapa peluang perdagangan jangka pendek seputar emas.

Pandangan teknis

Dari perspektif teknis, terobosan berkelanjutan minggu lalu pertemuan SMA 100/200-hari dan kekuatan selanjutnya di atas level $11810 mendukung pedagang bullish. Prospek positif tersebut diperkuat oleh fakta bahwa indikator teknikal pada grafik harian bertahan di wilayah positif dan masih jauh dari zona overbought. Oleh karena itu, beberapa langkah lanjutan untuk menguji penghalang yang kuat, di sekitar zona pasokan berat $1832-34, tetap merupakan kemungkinan yang berbeda.

Di sisi lain, setiap kemunduran yang berarti sekarang tampaknya menemukan support yang layak di dekat wilayah $1808-07. Penurunan berikutnya mungkin masih dilihat sebagai peluang beli di dekat angka bulat $1800. Ini akan membantu membatasi penurunan korektif di dekat wilayah $1790-86. Yang terakhir menandai pertemuan DMA 100/200, yang jika ditembus dapat memicu penjualan teknis yang agresif dan menyeret emas kembali ke zona support $1780.

Perkiraan Harga Emas: XAU/USD Tampaknya Siap untuk Menantang Zona Pasokan $1832-34

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.