Note

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Tidak Dapat Ditemukan, Lower Lows Terpantau

· Views 70
  • Federal Reserve AS mengumumkan awal dari berakhirnya dukungan keuangan pandemi.
  • Pekan mendatang akan menampilkan data inflasi baru untuk AS dan Uni Eropa.
  • EUR/USD terus mendekati 1,1500 dan siap untuk kehilangan level tersebut.

Pekan yang penuh gejolak berakhir dengan pasangan EUR/USD diperdagangkan di posisi terendah baru 2021 di dekat level 1,1500. Dolar Amerika menang di seluruh bursa Valas setelah Federal Reserve AS menyampaikan seperti yang diharapkan. Bank Sentral AS itu mempertahankan suku bunga tidak berubah pada 0,25%, seperti yang diharapkan, dan mengumumkan pengurangan pembelian asetnya sebesar $15 miliar per bulan. The Fed akan mulai mengurangi program terkait pandemi senilai $120 miliar nanti pada bulan November dengan pengurangan pembelian obligasi pemerintah sebesar $10 miliar dan sekuritas yang didukung hipotek sebesar $5 miliar.

Inflasi yang Memanas Tidak Menggerakkan para Pengambil Kebijakan

Pengumuman itu tidak mengejutkan para investor, karena dalam pertemuan mereka sebelumnya, para pengambil kebijakan AS mencatat bahwa ekonomi telah membuat kemajuan menuju tujuan bank sentral, menambahkan bahwa jika “kemajuan berlanjut secara luas seperti yang diharapkan, Komite menilai bahwa moderasi dalam laju pembelian aset dapat segera dibenarkan.”

Mengenai inflasi, Ketua Federal Reserve Jerome Powell & para pejabat lainnya mengatakan mereka masih percaya inflasi yang tinggi akan bersifat sementara, meskipun Powell mencatat bahwa masalah rantai pasokan kemungkinan akan berlanjut hingga tahun depan, yang berarti inflasi juga akan tetap tinggi.

Powell membantah The Fed berada di belakang kurva inflasi dan mencatat sulit untuk memperkirakan di lingkungan pandemi saat ini. Namun, tingkat inflasi tahunan di AS mencapai level tertinggi 13 tahun sebesar 5,4% pada bulan September, sementara harga PCE inti, ukuran favorit The Fed, tetap stabil di 3,6% Tahun/Tahun untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan September. Entah bagaimana, tampaknya stabil, tetapi pada level yang terlalu tinggi.

Kepala bank sentral itu mengajarkan kesabaran. Dia mengatakan bahwa ia tidak ingin mengejutkan pasar dengan mengubah strategi pengurangan QE, berlawanan dengan pernyataan yang mencatat bahwa mereka dapat menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan. Sikap konservatifnya memberi tekanan pada greenback sambil mendorong indeks-indeks di Wall Street, meskipun penurunan dolar berumur pendek.

Federal Reserve AS bukan satu-satunya bank sentral yang menyalahkan kemacetan dalam rantai pasokan untuk memacu tekanan harga dan pertumbuhan yang bergelombang. Kesamaan yang dimiliki oleh sebagian besar bank sentral adalah bahwa mereka mengharapkan pasokan yang mengalir akan membuat inflasi berkurang, meskipun faktanya mereka tidak yakin terhadap hal itu.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan pada hari Kamis bahwa sangat tidak mungkin ECB akan menaikkan suku bunga pada tahun 2022, meskipun Indeks Harga Konsumen Uni Eropa berjalan pada level tertinggi 13 tahun di 3,4%, menurut perkiraan September.

Lagarde mengatakan bahwa prospek inflasi dalam jangka menengah tetap tenang, dan dengan demikian kondisi untuk kenaikan suku bunga "sangat tidak mungkin terpenuhi tahun depan".

Lapangan Pekerjaan AS, Pijakan yang Lemah?

Kembali ke AS dan kepala Powell, yang mengatakan bahwa “jika Anda melihat kembali ke rata-rata 3-6-9 bulan, penciptaan lapangan kerja adalah antara 550.000-600.000 jika kita dapat kembali ke jalur itu, kita akan membuat kemajuan yang baik.” Penciptaan lapangan kerja jauh di atas rata-rata pada bulan Juni dan Juli tetapi turun pada bulan Agustus dan September, dengan negara itu menambahkan hanya 194 ribu posisi baru di yang terakhir. Selain itu, Lowongan Pekerjaan JOLTS menunjukkan bahwa pembukaan turun menjadi 10,4 juta pada bulan Agustus, sementara tingkat yang berhenti melonjak menjadi 2,9%.

Laporan Nonfarm Payroll bulan Oktober menunjukkan bahwa negara tersebut menambahkan 531 ribu pekerjaan baru pada bulan Oktober, melampaui ekspektasi dan sejalan dengan tingkat kenyamanan Powell. Tingkat Pengangguran turun ke 4,6%, sedangkan Tingkat Partisipasi tetap stabil di 61,6%. Laporan tersebut memiliki dampak terbatas pada dolar, yang mempertahankan dominasinya dan mencapai level tertinggi baru tahunan terhadap mata uang bersama.

Pada saat yang sama, AS mencatat beberapa laporan terkait pertumbuhan yang menggembirakan. IMP Manufaktur ISM Oktober berkontraksi ke 60,8 dari 61,1, meskipun lebih baik dari yang diantisipasi. Indeks jasa resmi melonjak ke 66,7, jauh lebih baik dari sebelumnya 61,9 dan mengalahkan ekspektasi pasar. Selain itu, Pesanan Pabrik September naik 0,2% Bulan/Bulan.

Di sisi lain, data Eropa sebagian besar mengecewakan. Penjualan Ritel Jerman turun 2,5% Bulan/Bulan di bulan September, sementara Pesanan Pabrik di bulan yang sama mencatat kenaikan moderat 1,3%. Terakhir, Produksi Industri pada periode yang sama mengalami kontraksi 1,1%. Di UE, Indeks Harga Produsen melonjak ke 16,0% Tahun/Tahun pada bulan September, mengisyaratkan meningkatnya tekanan inflasi.

Selama pekan mendatang, Uni Eropa, Jerman dan AS akan mempublikasikan perkiraan akhir data inflasi bulan Oktober. Tidak akan banyak lagi yang akan dibahas, dalam hal data ekonomi makro, meskipun perlu dicatat bahwa Jerman akan merilis Survei ZEW bulan November, sementara Jumat depan, AS akan mengungkap perkiraan awal Indeks Sentimen Konsumen Michigan bulan November, sebelumnya di 71,7.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Tidak Dapat Ditemukan, Lower Lows Terpantau

Prospek Teknis EUR/USD

Pasangan EUR/USD turun untuk pekan kedua berturut-turut dan diperdagangkan pada level terendah sejak Juli 2020. Grafik mingguan menunjukkan bahwa telah menembus di bawah SMA 200, yang berdiri di bawah SMA yang lebih pendek. Pada saat yang sama, indikator-indikator teknis telah melanjutkan penurunannya dalam level-level negatif, mengisyaratkan posisi lower lows ke depan.

Menurut grafik harian, pasangan mata uang ini juga diperkirakan melanjutkan penurunannya. Setelah menghabiskan seminggu di sekitar SMA 20 yang datar, akhirnya bergerak di bawahnya pada hari Kamis, melanjutkan penurunannya menjelang penutupan mingguan. Sementara itu, indikator-indikator teknis mengarah lebih rendah dalam level negatif, yang mencerminkan minat jual yang kuat.

Area support utama saat ini berada di sekitar 1,1460/70. Level tersebut akan menarik para pembeli setidaknya pada upaya pertama untuk menembus di bawahnya. Jika zona harga menyerah, pasangan mata uang ini kemungkinan akan melanjutkan kemerosotannya ke wilayah 1,1400/20.

Pasangan mata uang ini harus pulih di atas 1,1520 terlebih dahulu, dan 1,1615 kemudian untuk mengabaikan sikap negatif, tetapi para penjual kemungkinan akan menolak kenaikan jika rally meluas menuju level resistance yang lebih kuat di 1,1670.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Tidak Dapat Ditemukan, Lower Lows Terpantau

Jajak Pendapat Sentimen EUR/USD

Jajak Pendapat Perkiraan FXStreet menunjukkan bahwa pasar memperkirakan penembusan bearish akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang. Pandangan mingguan sebenarnya netral, karena sebagian besar para pelaku pasar melihat pasangan mata uang ini tertahan di sekitar 1,15. Perspektif bulanan agak bullish, sedangkan perspektif triwulanan menunjukkan bahwa para penjual adalah mayoritas. Perlu dicatat bahwa, rata-rata, pasangan mata uang ini diperkirakan akan tetap di bawah level acuan  1,1600.

Menurut grafik Ikhtisar, pasangan mata uang diperkirakan melanjutkan penurunan karena tiga MA menawarkan lereng bearish. Sebagian besar target terakumulasi di bawah level saat ini dalam tampilan mingguan dan triwulanan, meskipun ada kisaran netral dari kemungkinan target dalam perspektif bulanan. Terendah yang lebih rendah diharapkan dalam tampilan tiga bulan, dengan kemungkinan target terakumulasi di area 1,13/1,16.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Tidak Dapat Ditemukan, Lower Lows Terpantau

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.