Note

NZD/USD Bertahan di Atas Level Penting 0,7130 Pasca Data Tenaga Kerja Selandia Baru yang Kuat, Fokus Bergeser ke Fed

· Views 20
  • NZD/USD saat ini diperdagangkan di 0,7140, setelah memantul dari MA 200-hari pada hari Selasa, dibantu oleh angka tenaga kerja Selandia Baru yang kuat.
  • Pendorong utama aksi harga pasar FX pada hari Rabu adalah pertemuan Fed.

NZD/USD baru-baru ini menembus kembali di atas bekas area support yang berubah menjadi resistance di 0,7130 dalam perdagangan baru-baru ini, karena mata uang diuntungkan oleh mengesankannya laporan tenaga kerja kuartal ketiga yang dirilis pada awal sesi perdagangan Asia Pasifik Rabu ini. Beli-saat-turun, ketika pasangan ini mencapai MA 200-hari di 0,7100 pada hari Selasa, mungkin juga telah membantunya pulih, dan dengan pasangan ini sekarang di sekitar 0,7140, pasangan ini mempertahankan kenaikan sekitar 0,4% hari ini, menjadikan kiwi sebagai mata uang utama G10 berkinerja terbaik hari ini.

Namun, kondisi perdagangan di pasar FX yang lebih luas cukup tenang, dan kondisi ini kemungkinan akan membatasi kenaikan lebih lanjut NZD/USD selama beberapa jam mendatang, dengan pelaku pasar sekarang dalam mode tunggu dan lihat menjelang pengumuman kebijakan moneter terbaru Fed pada pukul 18:00 GMT (01:00 WIB), diikuti oleh konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell yang seperti biasa 30 menit kemudian. Segelintir rilis data AS antara sekarang dan acara the Fed mungkin menarik bagi pedagang FX, meskipun kemungkinan besar masih akan menahan diri dari menempatkan taruhan besar.

Untuk topik data AS; ADP (perusahaan pemroses payroll besar AS) baru saja merilis estimasi bulanan mereka terhadap perubahan pekerjaan dan berpikir bahwa ekonomi AS menambahkan 571 ribu pekerjaan pada bulan Oktober, lebih besar dari perkiraan 400 ribu pekerjaan tambahan oleh para analis. Selama beberapa bulan terakhir, ADP memiliki catatan yang mixed dalam hal memprediksi angka non-farm payrolls (NFP) aktual yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS, tetapi setelah angka ADP yang kuat, beberapa ekonom mungkin cenderung merevisi sedikit lebih tinggi perkiraan mereka terhadap NFP resmi. Median ekonom terhadap payrolls Jumat saat ini adalah 450 ribu.

USD belum bereaksi terhadap data tersebut, sehingga NZD/USD tetap dekat dengan 0,7140. Sebaiknya perhatikan rilis survei IMP Jasa Markit Oktober mendatang pada pukul 13:45 GMT (20:45 WIB) dan kemudian rilis survei IMP Jasa ISM yang diikuti secara luas, juga untuk bulan Oktober, pada pukul 14:00 GMT (21:00 WIB).

Laporan Tenaga Kerja Selandia Baru Kuat

Menurut Household Labour Force Survey (HFLS), tingkat pengangguran di Selandia Baru turun ke 3,4% di kuartal ketiga, turun dari 4,0% di kuartal kedua, penurunan yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan oleh para ekonom atau bank-bank lokal (Westpac dan ANZ memperkirakan turun ke 3,8%, meskipun wabah Covid-19 mengarah ke penerapan lockdown nasional dan lockdown lokal dengan berbagai tingkat keketatan berlanjut sejak itu. Itu membuat tingkat pengangguran ke terendah sejak kuartal keempat 2007, sebelum krisis keuangan global. Ada juga tanda-tanda meningkatnya tekanan upah, dengan biaya tenaga kerja naik 0,7% QoQ dan naik ke 2,5% YoY, sementara pendapatan rumah tangga rata-rata naik 1,2% pada kuartal pelaporan. Tingkat partisipasi juga meningkat tajam ke 71,2% dari 70,5% di kuartal kedua, karena membaiknya prospek pasar tenaga kerja menarik pekerja kembali ke pasar tenaga kerja.

Data yang kuat mendukung kasus RBNZ melanjutkan kebijakan penghapusan stimulus moneter secara bertahap (yaitu kenaikan suku bunga 25bps pada setiap pertemuan) dan bahkan mungkin memberanikan beberapa anggota yang lebih hawkish untuk berpendapat bahwa laju kenaikan suku bunga ini perlu dipercepat. Tingkat pengangguran sekarang jauh di bawah perkiraan RBNZ atau ekonom lainnya terhadap NAIRU, yang merupakan estimasi tingkat pengangguran “alami” di bawahnya, tekanan inflasi yang didorong oleh upah akan mulai meningkat, dan dengan inflasi sudah mendekati 5% YoY di kuartal ketiga, RBNZ akan tertarik untuk bertindak untuk mencegah ekspektasi inflasi jangka panjang tidak menyimpang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.