Note

EUR/USD. Dampak yang jelas pada hari Kamis

· Views 26

Kemarin, pasangan EUR/USD gagal berkonsolidasi di atas level resistance 1.1680 (garis atas indikator Bollinger Bands pada grafik harian). Fakta ini sangat indikatif. Hal ini menunjukkan bahwa pembeli EUR/USD rentan bahkan di tengah melemahnya Dolar AS secara umum. Perlu dicatat bahwa momentum kenaikan hari Kamis semata-mata disebabkan oleh penurunan indeks Dolar AS, yang bereaksi terhadap data negatif tentang pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga. Euro tidak memiliki argumen sendiri untuk pemulihan.

Pertumbuhan inflasi Jerman pada bulan Oktober (yang menandakan pertumbuhan inflasi pan-Eropa Oktober) diratakan oleh hasil pertemuan ECB. Christine Lagarde mempertahankan sikap "dovish" dan membantah asumsi ragu-ragu dari beberapa ahli tentang pembatasan awal QE dan peningkatan tarif sebelum jadwal yang ditentukan (2024). Semua faktor jika digabungkan akan menunjukkan bahwa Euro akan terus bergerak mengikuti gelombang Dolar AS.

EUR/USD. Dampak yang jelas pada hari Kamis

Namun, bulls Dolar juga berada dalam keadaan yang agak membingungkan saat ini. Seperti yang sudah diketahui, anggota regulator AS harus mematuhi "rezim diam" selama 10 hari sebelum pertemuan Fed dan tidak berbicara di depan umum. Oleh karena itu, trader hanya satu lawan satu dengan pasukan ahli dan analis khusus. Sementara itu, data kemarin tentang pertumbuhan PDB AS membuat para pelaku pasar patah semangat. Ekonomi Amerika melambat – indikatornya turun bahkan ke nilai perkiraan yang lemah di 2,6%. Dengan latar belakang penyebaran varian delta virus Corona, kuartal ketiga ditandai oleh masalah dalam rantai pasokan global, kekurangan bahan baku, dan kekurangan tenaga kerja. Pada saat yang sama, aktivitas di sektor industri dan konsumen menurun tajam akibat kenaikan harga berbagai jenis barang. Pendapatan riil orang Amerika juga turun 5,6%, yang terutama disebabkan oleh penghentian pembayaran tunjangan "covid". Tingkat pertumbuhan konsumsi juga melemah. Komponen lain dari rilis tersebut menunjukkan penurunan ekspor sebesar 2,5% di tengah peningkatan impor sebesar 6,1%.

Bereaksi terhadap angka-angka ini, indeks Dolar AS turun tajam. Indikator ini turun dari 93.917 ke 93.287 hanya dalam satu jam. Pasangan Dolar mengubah konfigurasinya, mencerminkan pelemahan Dolar AS secara umum. Pasangan EUR/USD tidak diam, memperbarui tertinggi bulanan (1.1693). Namun, terlepas dari situasi yang menguntungkan, pembeli dari pasangan ini tidak berani menyerang level 1.17, membatasi diri mereka pada pertumbuhan impuls 80 poin. Untuk mengkonfirmasi niat mereka, bulls EUR/USD tidak hanya perlu berkonsolidasi di atas batas harga 1.1680 tetapi juga menetap di atas level resistance 1.1710, yang sesuai dengan garis Tenkan-sen pada grafik mingguan. Fakta ini akan memungkinkan pembeli potensial dari pasangan ini untuk "percaya" pada kelayakan koreksi ke atas lebih lanjut.

Namun, trader bahkan tidak menguji batas tanda ke-17 kemarin. Setiap keraguan oleh pelaku pasar tentang prospek kenaikan bermain dalam mendukung Dolar AS, meskipun bulls Dolar sendiri sekarang sedang mempersiapkan pertemuan Fed bulan November.

Beberapa ahli percaya bahwa melemahnya pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat bersifat sementara – pemulihan ekonomi akan meningkat pada kuartal keempat tahun ini, serta pada dua kuartal pertama tahun depan. Namun, ini hanya pendapat beberapa ahli, sedangkan posisi Fed dalam masalah ini baru bisa diketahui Rabu depan saat hasil pertemuan Fed November akan diumumkan.

Diasumsikan bahwa regulator AS tidak akan meninggalkan niatnya untuk mulai membatasi QE pada bulan November. Acara ini sudah diumumkan secara luas, termasuk oleh Jerome Powell. Namun, prospek masa depan pengetatan kebijakan moneter adalah pertanyaan terbuka. Dapat diingat bahwa "selera" pasar telah tumbuh selama beberapa bulan terakhir: jika di musim panas, para trader hanya mengizinkan kemungkinan hipotetis kenaikan suku bunga pada akhir 2022, kemudian pada paruh kedua Oktober (sebelum publikasi data pertumbuhan PDB), ekspektasi hawkish telah meningkat secara signifikan. Pelaku pasar mengharapkan kenaikan suku bunga 25 poin basis pada bulan Juli dan kenaikan kedua pada akhir tahun depan. Asumsi berani tersebut disebabkan oleh fakta bahwa pertumbuhan inflasi AS tidak bersifat sementara (bertentangan dengan pernyataan sebaliknya dari Fed), yang berarti bahwa regulator harus menghentikan dinamika inflasi dengan pengetatan kebijakan moneter.

Spekulasi tentang topik ini tidak berhenti setelah rilis kemarin. Pendapat bahwa melemahnya ekonomi pada kuartal ketiga bersifat sementara masih berlaku di pasar. Oleh karena itu, indeks Dolar AS telah memperlambat penurunannya hari ini, dan pasangan EUR/USD telah mundur dari tertinggi. Rilis kemarin di pasar tenaga kerja juga memberikan dukungan tidak langsung terhadap Dolar AS. Tingkat pertumbuhan permohonan baru untuk tunjangan pengangguran di Amerika Serikat turun ke level terendah dalam 19 bulan (281 ribu). Semua ini menunjukkan bahwa terlalu dini untuk mengabaikan mata uang AS.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan deposit USD1 atau lebih.
EUR/USD. Dampak yang jelas pada hari Kamis

Dari sudut pandang teknikal, pasangan EUR/USD gagal berkonsolidasi di atas garis atas indikator Bollinger Bands pada kerangka waktu D1. Sementara itu, konsolidasi di atas level 1.1680 merupakan prasyarat untuk pertumbuhan lebih lanjut di area 1.17. Oleh karena itu, sangat berisiko untuk membuka posisi long pada pasangan saat ini. Jika kita mempertimbangkan trading jangka menengah (dan terlebih lagi jangka panjang), maka posisi short masih menjadi prioritas. Target pertama pada pullback ke bawah adalah angka 1.1635, tempat garis Tenkan-sen dan Kijun-sen bergabung pada grafik harian. Target utama saat ini adalah level 1.1600 (garis rata-rata Bollinger Bands pada kerangka waktu yang sama).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.