Note

USD/JPY Tetap Tertekan di Sekitar 113,50 karena Status Quo BoJ, Kuroda dan PDB AS dalam Fokus

· Views 26
  • USD/JPY bertahan lebih rendah di dekat terendah intraday setelah status quo BoJ.
  • BoJ sesuai dengan perkiraan pasar secara luas untuk tak mengubah kebijakannya, merevisi turun perkiraan inflasi dan PDB.
  • Keragu-raguan pasar menjelang PDB AS, ECB membatasi pergerakan di tengah optimisme yang hati-hati.

USD/JPY menguji terendah intraday di sekitar 113,50 selama 2 penurunan harian berturut-turut pada pagi hari ini. Pasangan Yen tak banyak terpengaruh oleh langkah Bank of Japan (BoJ) yang diantisipasi secara luas.

BoJ sekali lagi membuktikan hak pasar dengan mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah di sekitar -0,10% dengan target imbal hasil Obligasi Pemerintah Jepang (JGB) 10 tahun mendekati 0%. Selain pengaturan suku bunga dan target obligasi, BoJ juga mengumumkan peninjauan kembali terhadap perkiraan ekonomi triwulanan untuk 2021-22. Dalam prediksi terbarunya, BoJ mengharapkan IHK inti untuk mencetak angka 0,0% versus perkiraan 0,6% pada bulan Juli sementara konsensus PDB riil TA 2021-22 berada di +3,4% dibandingkan dengan +3,8% ekspektasi sebelumnya.

Baca: BoJ Menurunkan Prospek Pertumbuhan dan Inflasi TA 2021/22

 

Perlu dicatat bahwa pergerakan yang disebabkan oleh virus telah diperkirakan dan hal yang sama dapat menjaga Federal Reserve AS (Fed) dan BoJ lebih baik, yang pada gilirannya dapat mendukung permintaan JPY. Selain itu, daya tarik keamanan-risiko mata uang Jepang mendapatkan momentum pada saat bank-bank sentral terkemuka siap untuk mengurangi kebijakan uang yang mudah.

Meskipun demikian, selera risiko berkurang di tengah imbal hasil obligasi pemerintah AS yang lebih kuat dan penawaran beli ringang saham berjangka. Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun memulihkan penurunan harian terberat sejak pertengahan Agustus, baru-baru ini meningkatkan tawaran beli menjadi 1,55%, naik 2,2 basis poin (bp), karena pelaku pasar mengharapkan pengetatan lebih lanjut dari kebijakan moneter oleh bank sentral global utama. Konsensus pasar dapat dikaitkan dengan ekspektasi inflasi yang lebih kuat dan data yang lebih kuat baru-baru ini dari negara-negara maju, serta meredanya ketakutan akan virus Corona.

Mendukung pergerakan tersebut adalah laporan terbaru dari Kanada, Inggris dan Australia yang seharusnya mendukung imbal hasil obligasi pemerintah AS untuk mengkonsolidasi penurunan berat hari sebelumnya. Bank of Canada (BOC) mengumumkan akhir pembelian obligasi dan Inggris juga memotong penerbitan obligasi. Lebih lanjut, data RBA yang kuat dari IHK Rata-rata Terpangkas RBA juga mendorong Reserve Bank of Australia (RBA) menuju kenaikan suku bunga.

Selain obrolan bank sentral, suasana hati-hati menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) dan PDB AS Q3 bergabung dengan pergolakan baru AS-Tiongkok mengenai masalah telekomunikasi dan Taiwan akan membebani harga USD/JPY. Perlu dicatat bahwa rilis awal Penjualan Ritel Jepang di Asia untuk bulan Agustus lebih kuat dan menambah kekuatan JPY.

Selanjutnya, pedagang akan memperhatikan pidato Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda untuk dorongan baru menjelang PDB utama AS.

Analisis teknis

USD/JPY tetap dalam mode konsolidasi bullish antara 113,20 dan 114,45 terlepas dari sinyal MACD bearish. Namun, terobosan ke bawah dari support bulanan dapat menghibur penjual jangka pendek.

Level Teknis USD/JPY

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 113.59
Perubahan harian hari ini -24
Perubahan harian hari ini % -0.21
Pembukaan harian hari ini 113.83
 
Tren
SMA 20 Harian 113.01
SMA 50 Harian 111.22
SMA 100 Harian 110.7
SMA 200 Harian 109.32
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 114.22
Rendah Harian Sebelumnya 113.39
Tinggi Mingguan Sebelumnya 114.7
Rendah Mingguan Sebelumnya 113.41
Tinggi Bulanan Sebelumnya 112.08
Rendah Bulanan Sebelumnya 109.11
Fibonacci Harian 38,2% 113.71
Fibonacci Harian 61,8% 113.9
Pivot Point Harian S1 113.4
Pivot Point Harian S2 112.98
Pivot Point Harian S3 112.57
Pivot Point Harian R1 114.24
Pivot Point Harian R2 114.65
Pivot Point Harian R3 115.07

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.