Note

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

· Views 30
  • BOC mengakhiri pembelian obligasi, mempertahankan suku bunga semalam di 0,25%.
  • Tinjauan kebijakan menurunkan perkiraan PDB, meningkatkan inflasi.
  • Durasi pendek suku bunga negara Kanada melonjak.
  • USD/CAD jatuh di atas angka ke 1,2300 kemudian melambung.

Bank of Canada secara tak terduga mengakhiri program pembelian obligasi daruratnya sementara mempertahankan suku bunga pada tingkat pandemi yang rendah, menandakan kenaikan bisa berbulan-bulan lebih dekat dari yang diperkirakan sebelumnya. 

Bank mempertahankan tingkat suku bunga utama semalam di 0,25%, di mana itu terjadi sejak Maret 2020, seperti yang diperkirakan, namun menjadi bank sentral besar pertama yang menarik dukungan ekonomi tambahan mereka, mencatat pertumbuhan negara yang kuat, lapangan kerja yang pulih sepenuhnya, dan program vaksinasi yang sukses.

“Dengan ekonomi Kanada sekali lagi tumbuh dengan kuat, Dewan Pemerintah menilai bahwa QE tidak lagi diperlukan,” kata pernyataan yang menyertai keputusan tersebut. 

Pasar telah mengantisipasi bahwa pembelian bulanan C$2 miliar yang masih ada akan berkurang setengahnya tetapi tidak dihentikan. Pembelian utang baru telah dihentikan meskipun bank akan terus menginvestasikan kembali kepemilikan yang ada saat jatuh tempo, mempertahankan tingkat akomodasi secara keseluruhan. Pembelian obligasi akan dihentikan pada 1 November. 

Tinjauan Kebijakan Moneter

Tinjauan Kebijakan Moneter (MPR) kuartalan menurunkan perkiraan bank untuk PDB tahun ini dari 6,0% dalam laporan bulan Juli menjadi 5,1%, pada tahun 2022 menjadi 4,3% dari 4,6% tetapi meningkatkan ekspektasi untuk tahun 2023 menjadi 3,7% dari 3,3%. 

Gangguan rantai pasokan sekarang diperkirakan akan berlangsung hingga tahun depan, mendorong peningkatan proyeksi inflasi bank. "Kekuatan utama yang mendorong ke atas harga — harga energi yang lebih tinggi dan hambatan pasokan terkait pandemi — sekarang tampak lebih kuat dan lebih persisten dari yang diharapkan," kata pernyataan kebijakan tersebut.

Perkiraan bank untuk inflasi tahun ini naik menjadi 3,4% dari 3,0%, menjadi 3,4% dari 2,0% tahun depan dan menjadi 2,3% dari 2,2% pada tahun 2023. Kenaikan harga pada kuartal keempat diperkirakan mendekati 5,0%% tetapi turun ke 2,1% pada akhir tahun 2022. 

"Revisi ke atas ini mencerminkan dampak yang lebih besar dan lebih tahan lama dari kendala pasokan serta harga energi yang lebih tinggi," kata MPR.

Masalah pasokan harus diselesaikan pada akhir tahun depan dan meningkatnya permintaan global akan mendorong pemulihan ekspor.

"Dengan kata lain, kami terus memperkirakan bahwa inflasi akan kembali turun tetapi relatif terhadap perkiraan Juli kami, lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama," kata Gubernur BOC Tiff Macklem dalam konferensi pers setelah keputusan tersebut.

Respon pasar

Kesimpulan mengejutkan dari pembelian obligasi BOC mendorong sebagian besar suku bunga Kanada secara substansial lebih tinggi, dengan kenaikan terbesar di tengah spektrum imbal hasil, mendorong dolar Kanada dan menjatuhkan Bursa Saham Toronto hampir 1%.

Imbal hasil obligasi 1 tahun memiliki kenaikan terbesar, melonjak 22 basis poin menjadi 0,745%.

Imbal Hasil 1 tahun Kanada

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

CNBC

Imbal hasil pada obligasi 4-tahun bertambah 9 basis poin menjadi 1,284%, sedangkan obligasi 5-tahun naik 7 poin menjadi 1,402%.

Imbal hasil obligasi Kanada

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

CNBC

Sebagai perbandingan, imbal hasil 10-tahun awalnya melonjak 5 basis poin menjadi 1,679% dari penutupan kemarin di 1,628%, tetapi pada sore hari imbal hasil turun kembali ke 1,599%, 3 poin di bawah sebelumnya. 

Imbal Hasil 10 tahun Kanada

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

CNBC

Imbal hasil Pemerintah di AS sangat kontras dengan yang ada di Ottawa. Imbal hasil pada sekuritas 30-tahun, 10-tahun dan 5 tahun masing-masing turun 11 basis poin, 9 poin dan 5 poin.  

Imbal Hasil Pemerintah AS

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

CNBC

Pengembalian pada surat utang bertenor 10-tahun kini telah turun 15 basis poin dari penutupan 1,675% pada 21 Oktober. 

Imbal hasil Pemerntah 10-tahun AS

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

CNBC

Toronto Stock Exchange (TSX) turun 0,71%, 150,53 poin menjadi 21.022,92 pada perdagangan sore hari. Pasar Amerika beragam dengan Dow turun 0,22%, 78,89 poin menjadi 35.677,99 dan S&P 500 dan NASDAQ lebih tinggi. 

TSX

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

CNBC

USD/CAD jatuh lebih dari 100 poin dalam satu jam pertama setelah pengumuman BOC, menyentuh 1,2300 sebelum stabil di dekat 1,2340. 

Bank of Canada Menyatakan Pemulihan: Bagaimanja dengan yang Lain?

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.