Note

Lira Turki Bangkit Kembali dari Titik Terendahnya

· Views 55

Lira Turki menunjukkan wajah volte dan obligasi bangkit kembali dari posisi terendah multi-bulan setelah Presiden Tayyip Erdogan menyambut pernyataan pada hari Senin dari beberapa kedutaan Barat, membuka jalan bagi de-eskalasi pertikaian diplomatik.

Lira telah jatuh sebanyak 2,4% ke rekor terendah di awal hari setelah Erdogan mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia telah mengatakan kepada kementerian luar negerinya untuk mengusir duta besar Amerika Serikat dan sembilan negara Barat lainnya karena menuntut pembebasan dermawan Osman Kavala.

Meskipun mata uang ditarik kembali dari jurang setelah Erdogan membuat komentar dalam perjalanan ke rapat kabinet yang diadakan untuk membahas keretakan. Dia mengatakan kepada media pemerintah bahwa dia menyambut janji oleh beberapa kedutaan Barat untuk mematuhi konvensi diplomatik untuk tidak ikut campur dalam urusan internal negara tuan rumah.

Lira menguat 0,7% setelah komentar tersebut dan dilihat oleh para analis sebagai upaya untuk mendinginkan ketegangan diplomatik.

“Tampaknya Presiden Tayyip Erdogan tidak akan menindaklanjuti ancaman sebelumnya untuk menyatakan 10 Duta Besar Barat ‘personae non gratae’,” kata Wolfango Piccoli di Teneo.

“Sama seperti di berbagai kesempatan sebelumnya, tampaknya Erdogan telah memainkan permainan berisiko tinggi yang mahal untuk keuntungan politik jangka pendek.”

Lira telah berada di bawah tekanan berkelanjutan minggu lalu setelah bank sentral memberikan penurunan suku bunga 200 basis poin yang mengejutkan tajam minggu lalu, memicu volatilitas pasar dan juga mengirim obligasi dolar Turki jatuh.

Namun, obligasi dolar menandai pembalikan serupa, menarik kembali dari kerugian yang telah mendorong mereka ke level terendah multi-bulan pada awal Senin untuk mendapatkan sebanyak setengah sen dolar, data Tradeweb menunjukkan.

Presiden memimpin rapat kabinet pada pukul 12:00 GMT untuk membuat keputusan apakah pengusiran akan dilanjutkan. Umumnya Erdogan mengeluarkan pernyataan setelah pertemuan yang diperkirakan sekitar pukul 16:00 GMT.

Lira telah kehilangan lebih dari 22% nilainya sepanjang tahun ini dalam aksi jual yang telah dipercepat setelah bank sentral melonggarkan kebijakan, meskipun inflasi meningkat, dalam langkah mengejutkan yang diejek sebagai sembrono oleh para ekonom dan anggota parlemen oposisi.

Terlepas dari tahun yang memar untuk pasar Turki sejauh ini, analis memperkirakan bahwa bank sentral akan terus memangkas suku bunga meskipun inflasi akan meningkat karena jatuhnya lira dan kenaikan harga energi. Pertemuan kebijakan berikutnya dijadwalkan pada 18 November.

“Masalah dengan nilai tukar berasal dari kecenderungan bank sentral di bawah tekanan politik untuk melonggarkan kebijakan moneter terlalu dini dan terlalu cepat,” kata Per Hammarlund dari SEB. “Tujuan menyeluruh Presiden Erdogan adalah untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi dan untuk itu dia membutuhkan suku bunga yang lebih rendah.”

Lawan politik Erdogan mengatakan seruannya untuk mengusir para duta besar adalah upaya untuk mengalihkan perhatian dari kesulitan ekonomi Turki.

Secara terpisah, pemberi pinjaman negara Ziraat Bank, Vakifbank dan Halkbank menurunkan suku bunga pinjaman mereka hingga 200 basis poin, membenarkan laporan Reuters pada hari Minggu.

Analis mengatakan langkah itu dapat mendukung beberapa peminjam tetapi juga memperburuk tekanan pada lira dan ekonomi, mengingat imbal hasil obligasi acuan Turki melonjak setelah bank sentral memangkas suku bunga kebijakannya sebesar 200 poin menjadi 16% pekan lalu.

Lira Turki Bangkit Kembali dari Titik Terendahnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.