Note

Ini Sosok Ivan Yustiavandana, Kepala PPATK yang Baru Dilantik Jokowi

· Views 35
Ini Sosok Ivan Yustiavandana, Kepala PPATK yang Baru Dilantik Jokowi
Ivan Yustiavandana/Foto: Screenshoot Youtube Sekretariat Presiden
Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ivan Yustiavandana sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Senin (25/10/2021). Ivan menggantikan posisi Dian Ediana Rae yang masa jabatannya berakhir tahun ini.

Lalu bagaimana profil dan perjalanan karier Ivan Yustiavandana?

Berdasarkan data yang dirangkum detikcom dari laman resmi PPATK, Ivan sudah lama meniti karier di PPATK. Ia sudah bergabung di lembaga tersebut sejak 2003 lalu atau sudah sekitar 18 tahun.

Jabatan yang pernah ia emban di antaranya sebagai Ketua Kelompok Riset dan Analis Non Bank, dan dilanjutkan sebagai Direktur Pemeriksaan, Riset, dan Pengembangan. Ia merupakan Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Gadjah Mada dengan predikat cum laude, dan meraih gelar Master of Laws (LL.M) dari Washington College of Law, Washington DC, Amerika Serikat.

Selama di PPATK, ia mengomandani pelaksanaan fungsi PPATK dalam memproduksi Hasil Pemeriksaan dan Riset Strategis di bidang anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APUPPT).

Dia juga menjadi koordinator yang memimpin dan mengarahkan penyusunan National Risk Assessment on Money Laundering (NRA-ML) dan National Risk Assessment on Terrorist Financing (NRA-TF), Financial Integrity Rating (FIR), Indeks Efektivitas Pencegahan dan Pemberantasan TPPU dan TPPT, hingga Indeks Persepsi Publik terkait Pencegahan dan Pemberantasan TPPU dan TPPT.

Di lingkup regional dan internasional, ia aktif dalam Financial Intelligence Consultative Group (FICG), Anti-Money Laundering/Counter-Terrorist Financing Work Stream di kawasan ASEAN, Australia, dan Selandia Baru. Sebelum diangkat menjadi Ketua PPATK, Ivan menjabat sebagai Deputi Bidang Pemberantasan.



Simak Video "Ivan Yustiavandana Resmi Menjabat Kepala PPATK"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.