Note

Mayoritas Mata Uang Asia Tertekan, Rupiah Ikut Loyo

· Views 24

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah di hadapan dolar AS melemah 46 poin atau 0,33 persen ke Rp14.122 pada saat pembukaan perdagangan Jumat, (22/10/2021).

Sementara itu data Bloomberg menunjukkan, indeks dolar AS masih tercatat di zona merah, turun 0,041 poin atau 0,44 persen ke 93,72.

Rupiah tidak melemah sendirian, pasalnya yen Jepang turun 0,08 persen, yuan China tertekan 0,08 persen, won Korea Selatan tergelincir 0,20 persen, dan ringgit Malaysia turun tipis 0,01 persen. 

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan sebelumnya indeks dolar AS menguat karena Gubernur The Fed Randal Quarles mendukung langkah awal untuk memulai pengurangan aset pada November 2021.

Namun, dia menambahkan meningkatnya tekanan inflasi yang memerlukan respon kebijakan juga menjadi perhatian.

Dari dalam negeri, Ibrahim menyebut syarat utama agar ekonomi Indonesia pulih adalah menjaga penanganan pandemi Covid-19.

"Penanganan Covid-19 wajib dilakukan agar tidak terjadi gelombang ketiga," kata Ibrahim, Kamis (21/10/2021).

Adapun, di saat yang sama, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia telah mencapai 96,2 persen, lebih tinggi dibandingkan tingkat kesembuhan global yang sebesar 90,6 persen.

Angka positivity rate Indonesia berada di bawah 0,5 persen dengan reproduction rate di bawah 1 persen. Selain itu, per 19 Oktober 2021 total dosis vaksinasi telah mencapai 174 juta dosis. Dengan vaksinasi yang sudah mencapai 174 juta dosis maka Indonesia berada di posisi ke-5 di dunia.

Untuk perdagangan hari ini, Ibrahim memperkirakan mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif, tetapi, ditutup melemah di rentang Rp14.120-Rp14.160.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.