Note

3 Hal Wajib Tahu soal Dampak Teror Krisis Energi Bagi RI

· Views 71
3 Hal Wajib Tahu soal Dampak Teror Krisis Energi Bagi RI
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta

Krisis energi meneror dunia. Tak sedikit negara yang sudah menjadi korban. Indonesia pun waspada terhadap situasi tersebut. Jadi, apakah krisis energi berpengaruh ke Indonesia?

detikcom merangkum beberapa informasi seputar hal tersebut sebagai berikut:

1. Pemerintah Pelototi Ekspor Batu Bara

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana membeberkan bahwa komoditas batu bara sedang naik daun di tengah krisis energi. Berbagai negara berlomba-lomba untuk memenuhi pasokan batu bara demi menghidupkan pembangkit listrik. Hal itu membuat harganya meroket tajam.

"Batu bara yang teman-teman mengerti juga selain banyak tantangannya, godaannya untuk diekspor karena (harganya) makin bagus, banyak negara yang butuh, harganya bagus," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/10/2021).

Lanjut dia, Indonesia patut bersyukur karena punya cadangan batu bara yang berlimpah. Untuk memastikan sumber daya alam tersebut tidak lari ke luar negeri, pemerintah telah membatasi ekspor dengan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO), yaitu kewajiban pengusaha untuk pemenuhan pasokan batu bara dalam negeri.

"Tidak boleh semuanya/seluruhnya diekspor meskipun harga lagi bagus. Tetapi ada kewajiban untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, yaitu disebut DMO," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.