Note

Suku Bunga Inggris Mungkin Naik November, GBP/USD Melambung

· Views 20

Pound sterling melejit selama beberapa sesi terakhir hingga menduduki rentang tertinggi sebulannya versus dolar AS pada kisaran 1.3800-an. Pasangan mata uang EUR/GBP bahkan terpuruk pada rentang terendah 20 bulan di kisaran 0.8430-an. Situasi ini terjadi lantaran perbaikan sentimen investor global serta antisipasi pasar menjelang kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Suku Bunga Inggris Mungkin Naik November, GBP/USD Melambung

Para pejabat tinggi bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) selama dua pekan terakhir beramai-ramai melontarkan retorika tentang pentingnya kenaikan suku bunga guna mengendalikan kenaikan inflasi belakangan ini. Pada akhir pekan, Gubernur BoE Andrew Bailey bahkan mengatakan bahwa bank sentral “harus bertindak” untuk membatasi tekanan inflasi. Retorika hawkish BoE lantas memunculkan ekspektasi kenaikan suku bunag BoE secepat November mendatang.

“(Pasangan mata uang) cross Pound terus berkilau hari ini karena para investor meningkatkan ekspektasi mereka atas kenaikan suku bunga yang akan terjadi di Inggris,” kata Fawad Razaqzada, analis pasar di ThinkMarkets.com, “Berkat momentum bullish yang baru, para trader membeli pound terhadap beragam mata uang lainnya.”

Baca Juga:   BERITA SAHAM JUMAT 11/09/2020 - KKP BERI TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK TINGKATKAN PRODUKTIVITAS NELAYAN

Razaqzada menyatakan bahwa cuan tertinggi sterling dihasilkan terhadap mata uang-mata uang yang bank sentralnya masih dovish, seperti yen Jepang dan franc Swiss. Katanya, “Walaupun GBP/JPY sudah meningkat tajam, GBP/CHF belum bergerak dan tampaknya sedang pemanasan. Seperti Bank of Japan, Swiss National Bank tidak siap untuk mengetatkan kebijakan moneternya. Hal ini terus mengingatkan bahwa franc masih overvalue.”

Sebagian analis mempertanyakan keberlangsungan reli pound sterling saat ini. Sejumlah faktor dikhawatirkan bakal menumbangkan reli ke depan, termasuk fenomena “buy on rumour, sell on news” serta krisis energi dan gangguan rantai pasokan global yang sedang berlangsung.

“Kekuatan sterling memudar setelah kenaikan suku bunga BoE terdengar seperti ide tentatif yang bagus dalam pandangan kami,” kata Anders Eklöf, seorang pakar startegi forex di Swedbank, “Sterling tak mungkin mendapatkan dukungan yang tahan lama dari kenaikan suku bunga BoE karena gangguan pasokan dan pasar tenaga kerja yang sudah ketat.”

Valentin Marinov, Kepala Strategi FX G10 di Credit Agricole, juga berpendapat, “Kami mengulangi peringatan kami bahwa pasar uang Inggris sudah berlebihan dalam memperhitungkan siklus pengetatan BoE yang agresif untuk dimulai segera, karena pembalikan apa pun justru bisa membebani GBP.”

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.