Note

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Koin dan Token dalam Aset Kripto

· Views 56

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam mata uang kripto atau cryptocurrency, sering dijumpai istilah koin dan token. Sering kali investor menganggap koin dan token adalah hal yang sama.

Meski nampak sama, baik koin dan token memiliki perbedaan yang sangat jelas. Namun, kerap kali investor sulit membedakannya karena keduanya sering tercampur.

Lalu, apa yang membedakan antara koin dan token?

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, Selasa (19/10/2021), koin merupakan aset kripto yang memiliki teknologi blockchain sendiri. Misalnya, Bitcoin, Ethereum dan Cardano.

Koin terbentuk dalam proses mining atau penambangan dengan mekanisme Proof of Work ataupun Proof of Stake. Dengan dua mekanisme itu, seseorang dapat menambang atau mendapatkan koinnya sendiri.

Selain itu, koin bertindak sebagai mata uang pada umumnya sehingga dapat digunakan untuk transaksi ataupun disimpan. Namun, bedanya koin merupakan uang dalam bentuk digital. 

Mata uang kripto yang sering dijumpai ialah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Dogecoin (DOGE), Litecoin (LTC). Terbaru, El Salvador resmi menjadikan BTC sebagai mata uang resmi negara bersamaan dengan dolar Amerika.

Jika koin berdiri di dalam jaring blockchain milik sendiri, maka secara sederhana token merupakan aset digital yang menggunakan blockchain lain, misalnya Ethereum.

Lebih lanjut, Token terbentuk di dalam aplikasi terdesentralisasi (DApps). DApps yang menggunakan token umumnya lebih mudah untuk dikembangkan, seperti munculnya Keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT).

Token juga merupakan representasi atau mewakili sebuah aset atau utilitas tertentu. Biasanya, token juga berfungsi sebagai alat tukar atau pembayaran dalam sebuah project. 

Token juga dapat disimpan untuk investasi hingga diperdagangkan. Beberapa token yang umum dijumpai yaitu Tether, Polygon, Uniswap, Solana dan Polkadot.

Sebagai contoh, Polygon merupakan platform cryptocurrency India yang berada di dalam blockchain Ethereum. Polygon memiliki untuk menyediakan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.