Note

Notulen RBA Sesuai Ekspektasi, AUD/USD Naik

· Views 24

Seputarforex - Pada hari Selasa (19/Oktober), bank sentral Australia merilis notulen rapat bulan Oktober yang secara umum hampir sama dengan notulen sebelumnya. Dewan pembuat kebijakan RBA memulai diskusi menyoroti perkembangan ekonomi global dengan mencatat bahwa pemulihan di negara maju terus berlanjut hingga akhir kuartal ketiga tahun ini.

Notulen RBA Sesuai Ekspektasi, AUD/USD Naik

Tingkat vaksinasi yang sudah berada pada level aman telah mendorong banyak negara maju melonggarkan pembatasan sosial. Hal ini tentu saja akan mendukung sektor bisnis yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif terhadap permintaan tenaga kerja. Beberapa negara bahkan telah melaporkan kekurangan tenaga kerja. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka kenaikan tingkat upah tidak terhindarkan lagi. Selain itu, kenaikan harga komoditas di pasar internasional turut mendongkrak prospek inflasi global.

Beralih ke perkembangan ekonomi domestik, petinggi RBA mencatat bahwa pesatnya vaksinasi di beberapa negara bagian dengan jumlah kasus COVID-19 yang tinggi seperti New South Wales dan Victoria, telah mendorong pemulihan lebih cepat dari perkiraan.

Anggota RBA juga berpendapat bahwa survei bisnis dan sentimen konsumen Australia sejauh ini cukup tangguh, bahkan dalam periode lockdown yang diterapkan baru-baru ini. Dalam skenario sentral, RBA memperkirakan ekonomi Australia akan sepenuhnya kembali ke jalur pra-pandemi pada paruh kedua 2022 mendatang. Meski demikian, para anggota mengakui bahwa pemulihan ekonomi berpotensi tidak merata pada seluruh sektor dan masih menghadapi ketidakpastian.

Dalam pertimbangan kebijakan moneter, anggota RBA mengamati jika perekonomian berpotensi melambat pada kuartal ketiga. Namun, perlambatan ini diperkirakan hanya berlangsung sementara, sehingga akan mendukung pemulihan ekonomi dalam jangka menengah.

Tekanan harga (inflasi) dan trend upah yang solid hanya dipengaruhi oleh faktor temporer seperti terganggunya rantai pasokan global dan kenaikan harga komoditas. RBA mencatat, pertumbuhan inflasi dan upah diperkirakan akan meningkat bertahap seiring dengan pemulihan ekonomi. Mengenai prospek rate hike, RBA masih akan menunggu hingga inflasi bergerak pada kisaran 2-3 persen secara berkelanjutan.

 

Secara garis besar, rilis notulen rapat RBA pagi ini tidak memberikan kejutan berarti pada pasar. Dolar Australia terpantau menguat terhadap Dolar AS karena didukung oleh sentimen risk on sejak sesi New York tadi malam. Pada saat berita ini diturunkan, pair AUD/USD bergerak pada kisaran 0.7440 atau menguat 0.42 persen dari harga Open harian.

Notulen RBA Sesuai Ekspektasi, AUD/USD Naik

Notulen RBA Sesuai Ekspektasi, AUD/USD Naik

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.