Note

Ulasan AUD/USD; AUD kebal terhadap virus Corona

· Views 27
Baru-baru ini, Australia telah meluncurkan laporan pengangguran yang agak lemah. Namun, Aussie tidak jatuh tajam karena penurunan ketenagakerjaan yang signifikan. Pasangan AUD/USD sekarang diperdagangkan dengan bias bullish. Selain itu, menguat di tengah melemahnya Dolar AS. Pasangan ini kemungkinan akan menguji tertinggi 5 minggu. Data pekerjaan yang negatif tidak menakuti bulls. Trader memperhitungkan hasil tersebut mengingat situasi epidemiologis yang memburuk di negara itu dan diberlakukannya kembali lockdown di beberapa wilayah. Bahkan dalam laporan pesimis, ada beberapa faktor positif. Selain itu, kehidupan secara bertahap mulai kembali normal setelah lockdown yang berkepanjangan. Oleh karena itu, mata uang Australia sebagian besar bereaksi terhadap berita positifUlasan AUD/USD; AUD kebal terhadap virus Corona

Di antara semua komponen laporan bulan September, indikator pengangguran mengejutkan trading. Ini adalah satu-satunya komponen yang ternyata positif. Pengangguran pada bulan September berada di level 4,6%. Angka ini lebih baik dibandingkan dengan ekspektasi awal. Para ekonom telah memperkirakan kenaikan hingga 4,9%. Padahal, indikator ini tergolong lagging indicator ekonomi. Oleh karena itu, akan bijaksana untuk fokus pada leading indicator. Angka-angka yang dipublikasikan masih mencerminkan situasi pasar tenaga kerja di negara bagian Australia terbesar di awal musim gugur. Pihak berwenang Australia memberlakukan karantina ketat pada akhir Juli, secara bertahap memperketat tindakan pembatasan pada bulan Agustus dan September. Mereka bahkan memberlakukan jam malam di Sydney. Laporan yang diterbitkan kemarin mencakup periode hingga pertengahan bulan sebelumnya. Dengan demikian, ekonomi Australia tetap tahan terhadap akibat virus Corona.

Ada lebih banyak data aktual menandakan perlambatan signifikan di pasar tenaga kerja. Misalnya, jumlah pekerja di bulan September turun 138.000. Indikator ini ternyata kembali berada di area negatif, seperti yang terjadi sebulan lalu. Penurunan seperti itu hanya dicatat pada April 2020 selama gelombang pertama epidemi. Namun, perlu diperhatikan fakta bahwa penurunan indikator terjadi semata-mata karena penurunan ketenagakerjaan paruh waktu. Ketenagakerjaan purna waktu tumbuh hampir 27.000 untuk pertama kalinya sejak Juni. Tentu saja, pasar tenaga kerja Australia sedang mengalami krisis. Namun, ada beberapa perubahan positif tahun lalu. Terlebih lagi, situasinya telah membaik selama beberapa bulan.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Ulasan AUD/USD; AUD kebal terhadap virus Corona

Ulasan AUD/USD; AUD kebal terhadap virus Corona

Ulasan AUD/USD; AUD kebal terhadap virus Corona

Oleh karena itu, Dolar Australia mengabaikan angka September, dengan fokus pada prospek pemulihan ekonomi nasional dan pasar tenaga kerja. Misalnya, minggu ini, dua negara bagian Australia terbesar, yang mencakup hampir setengah dari populasi negara itu (New South Wales dan Victoria) secara bertahap akan melonggarkan pembatasan karantina. Pada 11 Oktober, kota terbesar di Australia, Sydney, keluar dari lockdown selama 4 bulan. Rakyat yang divaksinasi penuh di NSW akan menikmati kebebasan yang lebih besar pada bulan Oktober karena negara bagian ini telah mencapai 70% vaksinasi dosis ganda.

Aussie tidak turun bahkan setelah laporan negatif virus Corona kemarin. Australia melaporkan sekitar 2.750 kasus baru kemarin. Ini merupakan rekor angka harian sejak awal pandemi. Sebelumnya, Dolar Australia akan jatuh setelah berita seperti itu. Tampaknya, para trader hanya berfokus pada berita positif karena negara ini bergerak menuju tingkat vaksinasi yang ditargetkan. Menurut pihak berwenang, ketika negara bagian mencapai vaksinasi 70%, pembatasan karantina akan dilonggarkan secara signifikan (New South Wales adalah contohnya). Oleh karena itu, investor mengabaikan berita negatif tentang situasi epidemiologis.

Dengan demikian, pasangan AUD/USD kemungkinan akan tumbuh lebih tinggi. Target terdekat adalah level 0.7480. Ini adalah level tertinggi dalam lima minggu, yang telah dicapai di awal September. Saat ini, pada grafik harian, pasangan ini berada di garis atas indikator Bollinger Bands, sedangkan indikator Ichimoku terus menunjukkan sinyal bullish. Level resistance utama terletak di 0,7500. Ini adalah garis Kijun-sen pada grafik mingguan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.