Note

Harga Emas Merosot, Investor Terima Kenyataan The Fed Rem Stimulus Tahun Ini

· Views 49

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas mengalami penurunan pada perdagangan Sabtu pagi (9/10/2021) di Asia, setelah investor menerima kemungkinan Federal Reserve akan menghentikan stimulus ekonomi tahun ini meskipun data pekerjaan AS lebih lemah dari perkiraan.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange, melemah US$1,8 atau 0,1 persen, menjadi ditutup pada US$1.757,40 per ounce. Emas berakhir satu dolar lebih rendah untuk periode perdagangan minggu ini.

Sehari sebelumnya, Kamis (8/10/2021), emas berjangka juga turun US$2,6 atau 0,15 persen menjadi US$1.759,20, setelah menguat US$0,9 atau 0,05 persen menjadi US$1.761,80 pada Rabu (5/10/2021), dan merosot US$6,7 atau 0,38 persen menjadi US$1.760,90 pada Selasa (5/10/2021).

Adapun, perak untuk pengiriman Desember naik 4,7 sen atau 0,21 persen, menjadi ditutup pada US$22,705 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik US$42,9 atau 4,35 persen, dan ditutup pada US$1.028,2 per ounce.

Perusahaan AS menambahkan hanya 194.000 pekerjaan nonpertanian pada September, jauh di bawah ekspektasi. Namun, revisi naik pada data bulan-bulan sebelumnya berarti ekonomi sekarang telah menutupi setengah dari defisit pekerjaan yang dihadapinya pada Desember.

"Emas naik tajam karena data pada awalnya tampak suram, tetapi laporan internal tampaknya tidak terlalu buruk secara keseluruhan," kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals.

Hal ini, lanjut Wyckoff, mendorong ekspektasi bahwa The Fed akan melanjutkan keinginannya untuk mengurangi kebijakan moneter lebih cepat, daripada yang diperkirakan, sehingga menyebabkan emas menurun, meskipun laporan pekerjaan yang buruk bulan depan dapat mengubah itu.

Harga emas juga terjebak di antara hambatan dari imbal hasil obligasi pemerintah AS yang lebih tinggi menyusul data ketenagakerjaan bulanan AS yang lebih lemah dari perkiraan, dan beberapa dukungan dari dolar yang sedikit lebih lemah.

Pasar emas sekarang tampaknya memperkirakan pengumuman tapering di beberapa titik tahun ini, kata analis Standard Chartered, Suki Cooper.

"Namun, sisi negatifnya tampaknya didukung dengan baik, mengingat respons permintaan dari pasar fisik."

Pengurangan stimulus dan suku bunga yang lebih tinggi mengangkat imbal hasil obligasi, yang diterjemahkan ke dalam peningkatan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

"Agar narasi emas benar-benar meningkat lagi, kita memerlukan reli impulsif di atas US$1.950-60, atau tertinggi sebelum vaksin Covid-19 dan itu akan membutuhkan katalis signifikan yang tidak ada di pasar saat ini," kata pedagang logam mulia yang berbasis di New York.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.