Note

Pratinjau Reserve Bank of Australia: Kemajuan Ekonomi yang Lamban Seharusnya RBA Berhati-hati

· Views 21
  • RBA secara luas diantisipasi untuk mempertahankan kebijakan moneternya saat ini.
  • Fokusnya adalah pada penilaian pembuat kebijakan tentang kemajuan ekonomi saat lockdown berlanjut.
  • AUD/USD dapat memperpanjang kenaikannya setelah di atas 0,7330, tetapi penjual menunggu di dekatnya.

Reserve Bank of Australia akan mengumumkan keputusannya tentang kebijakan moneter pada hari Selasa, 5 Oktober. Pelaku pasar mengantisipasi sikap bertahan, tanpa perubahan pada suku bunga dan program fasilitas keuangan. Mirip dengan apa yang dilakukan Bank Sentral Eropa, pembuat kebijakan Australia telah mengurangi pembelian obligasi mingguan mereka menjadi A$4 miliar tetapi menundanya tepat waktu. Fokusnya adalah pada bagaimana pembuat kebijakan mengevaluasi kinerja ekonomi.

Upah riil pada rekor terendah

Setengah dari Australia tetap mengalami lockdown, dengan beberapa wilayah mencapai rekor hari global di bawah langkah-langkah pembatasan. Jumlah penularan virus corona baru di negara itu tampaknya telah stabil, meskipun pemerintah berencana untuk mencabut pembatasan ketika 80% populasi di atas 16 tahun divaksinasi sepenuhnya. Target tersebut diperkirakan akan tercapai pada pertengahan November, yang berarti bahwa ekonomi akan tetap tertahan hingga paruh kuartal terakhir tahun ini.

Sementara itu, tingkat inflasi tahunan di Australia melonjak menjadi 3,8% di Kuartal 2 tahun 2021 dari 1,1% di Kuartal 1, angka tertinggi dalam lebih dari satu dekade. Di bidang ketenagakerjaan, tingkat pengangguran negara itu menyusut menjadi 4,5% pada bulan Agustus, angka terendah sejak November 2008. Namun, tingkat partisipasi telah menurun menjadi 65,2%. Selain itu, upah riil turun 2,1% pada kuartal kedua tahun ini. Bank sentral mengatakan bahwa suku bunga yang lebih tinggi harus menunggu sampai pertumbuhan upah melonjak menjadi 3%, sesuatu yang tidak mereka perkirakan hingga tahun 2024.

Pasar telah berspekulasi tentang kenaikan suku bunga pada akhir tahun 2022, tetapi Gubernur RBA Philip Lowe mengatakan bahwa spekulasi semacam itu jauh dari konsensus RBA. Pembuat kebijakan kemungkinan akan tetap pada pandangan optimis mereka tetapi hati-hati terhadap ekonomi.

Kemungkinan skenario AUD/USD

Pasangan AUD/USD mulai pulih menjelang acara tersebut, karena permintaan untuk greenback surut. Pasangan mata uang ini diperdagangkan di sekitar retracement 38,2% dari kemerosotan harian terbaru, kehilangan kekuatan bullish. Dalam grafik harian, pasangan ini juga berjuang dengan SMA 20 yang sangat bearish, yang terus mengarah ke selatan di bawah SMA yang bearish lebih lama. Indikator teknis terus pulih tetapi dalam level negatif.

Gambaran jangka pendek menunjukkan bahwa indikator teknis telah berubah datar di dekat pembacaan overbought, karena harga melayang di sekitar SMA 200 yang datar. Kasus bullish akan menjadi lebih kuat jika pasangan mata uang ini menembus area saat ini, dengan level resistance selanjutnya di 0,7330. Setelah melampaui yang terakhir, pemulihan dapat berlanjut menuju 0,7370, meskipun pasangan mata uang ini semakin dekat ke area 0,7400, minat jual akan semakin tinggi. Bear akan memiliki lebih banyak peluang jika pasangan mata uang ini jatuh di bawah 0,7240, level support terdekat. 

Pratinjau Reserve Bank of Australia: Kemajuan Ekonomi yang Lamban Seharusnya RBA Berhati-hati

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.