Note

Pratinjau IMP Jasa ISM September AS: Perhatikan Inflasi dan Perincian Ketenagakerjaan

· Views 25
  • IMP Jasa utama ISM diperkirakan akan mundur ke 60 pada bulan September.
  • Komponen Indeks Harga yang Dibayar cenderung menunjukkan bahwa harga input terus meningkat.
  • EUR/USD dapat melanjutkan pemulihan dengan penutupan harian di atas 1,1650.

Institue for Supply Management diperkirakan akan melaporkan ekspansi aktivitas ekonomi sektor jasa AS untuk bulan ke-16 berturut-turut di bulan September dengan IMP Jasa mencatat 60, mengikuti level bulan Agustus 61,7. Namun demikian, para investor cenderung lebih memperhatikan perincian yang mendasari laporan tersebut.

Komponen Indeks Harga yang Dibayar, yang turun ke 75,4 di bulan Agustus dari 82,3 di bulan Juli, diperkirakan akan naik ke 79,3. Pada survei sebelumnya, seluruh 18 subsektor industri jasa melaporkan kenaikan harga input. Dalam laporan singkat IMP Jasa untuk bulan September, "tekanan biaya tetap tinggi secara historis, karena harga pemasok yang lebih besar dan kenaikan tagihan upah setelah insentif untuk menarik para pekerja mendorong biaya naik," IHS Markit mencatat dan menambahkan bahwa perusahaan terus memberikan harga yang lebih tinggi kepada klien. Jika publikasi ISM melukiskan gambaran yang sama, greenback akan dapat mempertahankan kekuatannya melawan rival utamanya.

Sementara itu, komponen Indeks Ketenagakerjaan terlihat tetap tidak berubah di 53,7 yang menunjukkan peningkatan berkelanjutan dalam pekerjaan sektor jasa dengan kecepatan sedang. Data yang lebih kuat dari perkiraan dapat memungkinkan para investor untuk mulai memperkirakan pemulihan tajam dalam data Nonfarm Payrolls dan membantu USD mengungguli para pesaingnya. Di sisi lain, data di bawah 50 kemungkinan akan membatasi kenaikan USD.

Ringkasnya, para pelaku pasar dapat mengabaikan tajuk utama IMP Jasa ISM bulan September, kecuali ada perbedaan besar dari konsensus pasar, dan fokus pada komponen inflasi dan ketenagakerjaan. Jika laporan tersebut mengungkapkan bahwa inflasi di sektor jasa menguat bersamaan dengan perluasan lapangan kerja, Indeks Dolar AS dapat memperoleh kembali traksinya dan berupaya untuk memperbarui level tertinggi 13 bulan yang ditetapkan pekan lalu. Di sisi lain, aksi jual USD dapat meningkat terutama jika kontraksi dalam pekerjaan sektor jasa menyebabkan para investor menilai kembali laporan pekerjaan hari Jumat dan rencana pengurangan aset The Fed.

Prospek Teknis EUR/USD

Setelah penurunan lima hari yang menyeretnya ke level terendah dalam lebih dari satu tahun 1,1563, pasangan EUR/USD berhasil melakukan pemulihan dan menembus di atas 1,1600 pada hari Senin. Namun, indikator Relative Strength Index (RSI) pada grafik harian tetap di bawah 50, menunjukkan bahwa kenaikan saat ini adalah koreksi teknis.

Jika pasangan mata uang tersebut membuat penutupan harian di atas 1,1650 (Fibonacci retracement 23,6% dari tren turun September) dan RSI naik melampaui 50, maka RSI bisa menargetkan 1,1700 (level psikologis/Fibonacci retracement 38,2%) dan 1,1775 (SMA 50-hari).

Pada sisi negatifnya, support awal terletak di 1,1600 (level psikologis) sebelum 1,1563 (terendah 30 September) dan 1,1500 (level psikologis).

Pratinjau IMP Jasa ISM September AS: Perhatikan Inflasi dan Perincian Ketenagakerjaan

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.