Note

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Akankah Laporan NFP Cukup untuk Meyakinkan Powell?

· Views 22
  • Dolar diuntungkan dari meningkatnya spekulasi atas kebijakan moneter AS yang lebih ketat.
  • Laporan Nonfarm Payrolls AS diharapkan menunjukkan 500 ribu pekerjaan baru yang diciptakan pada bulan September.
  • EUR/USD secara teknis bearish dalam jangka panjang, hampir tidak mengoreksi kondisi oversold yang ekstrem.

Pasangan EUR/USD mengakhiri perdagangan September di level terendah dalam lebih dari setahun, di sekitar level acuan 1,1600. Pasangan mata uang ini mengkonsolidasikan penurunan pada hari Jumat yang menyelesaikan perdagangan pekan lalu di level yang terakhir terlihat pada Juli 2020. Permintaan untuk greenback diperpanjang sepanjang pekan, diperburuk oleh komentar-komentar dari kepala Federal Reserve AS Jerome Powell.

Kemacetan Mendorong Inflasi Lebih Tinggi

Para pelaku pasar fokus pada berita utama terkait pertumbuhan, terutama yang mengisyaratkan penundaan kembalinya ekonomi global. Ketika dunia bertujuan untuk kembali ke beberapa bentuk kehidupan "normal", kemacetan atau masalah rantai pasokan menjadi pusat perhatian. Mesin terlalu besar untuk dihidupkan ulang hanya dengan menekan beberapa tombol. Kekurangan bahan bakar di Inggris menjadi pusat perhatian pekan lalu di tengah kelangkaan para pengemudi tanker, sampai-sampai pemerintah harus meluncurkan tentara untuk mendistribusikan gas.

Tapi itu bukan masalah eksklusif untuk Inggris. Kepala The Fed Powell mencatat bahwa masalah rantai pasokan dapat menyebabkan interval inflasi yang lebih tinggi, menyebut yang terakhir "frustrasi" dan melihatnya berjalan hingga 2022. "Lonjakan inflasi saat ini benar-benar merupakan konsekuensi dari kendala pasokan yang memenuhi permintaan yang sangat kuat, dan itu semuanya terkait dengan pembukaan kembali ekonomi, yang merupakan proses yang akan memiliki awal, tengah, dan akhir,” kata Powell.

Lagarde Menjauhkan Diri dari para Pejabat Sentral Lainnya

Di seberang Atlantik, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde menyampaikan pesan serupa. “Kami kembali dari jurang, tetapi tidak sepenuhnya keluar dari kesulitan,” menambahkan bahwa gangguan rantai pasokan semakin cepat di beberapa sektor sementara kenaikan harga energi adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

Minat spekulatif bergegas ke harga-dalam kebijakan moneter yang lebih ketat di AS, mengakibatkan Wall Street merayap turun tajam pada basis mingguan dan para investor bergegas ke mata uang safe-haven. Patut disebutkan adalah bahwa Lagarde dari ECB telah menjauhkan diri dari para pejabat sentral lainnya, karena dia mencatat perubahan terbaru dalam pembelian obligasi hanya "mengkalibrasi ulang" dan bahwa mereka akan mempertahankan kebijakan akomodatif mereka selama diperlukan.

Secara umum, para pembuat kebijakan prihatin namun tetap optimis bahwa isu-isu saat ini merupakan konsekuensi sementara dari pemulihan pascapandemi yang sedang berlangsung. Kebijakan moneter yang lebih ketat akan berarti mengurangi stimulus keuangan besar-besaran yang dengan senang hati disingkirkan oleh pasar ke aset-aset berimbal hasil tinggi seperti saham.

Fokus Beralih ke Data Ketenagakerjaan AS

Kalender ekonomi makro cukup langka beberapa hari terakhir lalu, dengan fokus beralih ke laporan Nonfarm Payrolls AS pekan ini. Kepala The Fed AS Powell mengatakan beberapa kali bahwa bank sentral telah mencapai tanda inflasi untuk memicu pengurangan QE, mencatat bahwa hanya perlu satu laporan pekerjaan yang baik baginya untuk menerima hal yang sama untuk ambang batas pekerjaan.

Menjelang acara tersebut, data terkait ketenagakerjaan yang berasal dari negara tersebut gagal mengesankan. Klaim Pengangguran Awal melonjak ke 362 ribu dalam pekan yang berakhir 24 September. Juga, sub-komponen ketenagakerjaan IMP Manufaktur ISM bulan September dicetak di 50,2, lebih buruk dari perkiraan 50,9 meskipun lebih baik dari 49 sebelumnya.

Namun, Pesanan Barang Tahan Lama naik lebih dari yang diantisipasi pada bulan Agustus, naik 1,8%, sementara Produk Domestik Bruto Kuartal 2 dikonfirmasi pada 6,7% Kuartal/Kuartal, lebih baik dari perkiraan sebelumnya. Di sisi lain, Keyakinan Konsumen CB berkontraksi ke 109,3 di bulan September dari 115,2 di bulan sebelumnya, sementara IMP Manufaktur ISM mengalahkan ekspektasi di 61,1 di bulan September.

Survei Keyakinan Konsumen GFK Jerman meningkat dari -1,1 ke 0,3 pada bulan Oktober, sementara perkiraan awal Indeks Harga Konsumen September dicetak pada 4,1% Tahun/Tahun. Akhirnya, Penjualan Ritel bulan Agustus naik sedikit 1,1%, meleset dari ekspektasi pasar.

Inflasi di Zona Euro melonjak ke 3,4% Tahun/Tahun pada bulan September, menurut perkiraan awal, sedangkan Indikator Sentimen Ekonomi September meningkat menjadi 117,8 dari 117,6.

AS akan merilis IMP Jasa ISM bulan September resmi pekan ini, diperkirakan di 61,3, meskipun fokusnya adalah pada pekerjaan. Survei ADP diharapkan menunjukkan bahwa sektor swasta menambahkan 475 ribu pekerjaan baru di bulan September, lebih baik dari 374 ribu sebelumnya. Analis pasar mengantisipasi negara tersebut telah menciptakan total 500 ribu pekerjaan baru di bulan ini, sementara tingkat Pengangguran diperkirakan akan berkontraksi ke 5,1%.

Uni Eropa akan dirilis pada hari Senin, Keyakinan Investor Sentix bulan Oktober, sebelumnya di 19,6, dan Penjualan Ritel bulan Agustus, diperkirakan turun 2,3% Bulan/Bulan.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Akankah Laporan NFP Cukup untuk Meyakinkan Powell?

Prospek Teknis EUR/USD

Pasangan EUR/USD memantul sedikit dari terendah 2021 di 1,1562, mempertahankan sikap teknis negatifnya setelah ditutup di zona merah selama empat pekan berturut-turut. Gambaran jangka panjang menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini berada pada titik infleksi, diperdagangkan pada area support statis yang relevan. Juga, itu menekan SMA 100 dan 200 di grafik mingguan, sementara di bawah SMA 20 yang sangat bearish. Indikator teknis melanjutkan penurunannya dalam level negatif, dengan RSI mengarah ke selatan dengan kuat di sekitar 37, terendah untuk tahun ini.

Grafik harian menunjukkan bahwa EUR/USD mengoreksi kondisi oversold yang ekstrim, dengan kenaikan lebih lanjut masih tidak mungkin, karena pasangan mata uang ini berkembang jauh di bawah retracement 23,6% dari penurunan terbaru yang diukur antara 1,1998 dan 1,1562 di 1,1640. Sementara itu, SMA 20 mempertahankan kemiringan bearish yang kuat, sementara SMA 100 mempercepat penurunannya di bawah SMA 200, menunjukkan minat jual yang kuat. Indikator-indikator teknis naik dalam level negatif, tidak cukup untuk menunjukkan titik terendah telah tercapai.

Kenaikan korektif dapat berlanjut setelah di atas 1,1640 menuju area 1,1700, di mana minat jual kemungkinan akan muncul kembali. Penembusan di bawah level terendah tahun mengekspos zona harga 1,1460/70, area resistance statis jangka panjang, dan kemungkinan target bearish untuk pekan ini.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Akankah Laporan NFP Cukup untuk Meyakinkan Powell?

Jajak Pendapat Sentimen EUR/USD

Jajak Pendapat Perkiraan FXStreet menunjukkan bahwa rally dolar belum berakhir. EUR/USD terlihat jatuh lebih jauh dalam perspektif satu pekan, dengan 50% dari para ahli yang disurvei berada di sisi bearish. Target rata-rata adalah 1,1584, dengan pendekatan ke level 1,1500 akan terjadi. Sentimen berubah dalam tampilan bulanan dan triwulanan, karena dalam kedua kasus tersebut, pasangan mata uang ini terlihat kembali ke level di atas rata-rata 1,1700, dengan para pembeli masing-masing di 60% dan 57%. Namun, perlu disebutkan bahwa sebagian besar bank dengan perkiraan usang adalah mereka yang mencari target yang lebih tinggi.

Menurut grafik Ikhtisar, para penjual kemungkinan akan mempertahankan kendali dalam beberapa pekan ke depan. Rata-rata pergerakan satu pekan dan satu bulan mengarah lebih rendah, mencapai posisi lower low untuk tahun ini. Rata-rata pergerakan triwulanan telah berubah datar, entah bagaimana menunjukkan penurunan minat jual. Namun, grafik yang sama menunjukkan kemungkinan terendah baru di area 1,13/1,14.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Akankah Laporan NFP Cukup untuk Meyakinkan Powell?

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.