Note

Menguat Tipis, Harapan Rupiah terhadap Dolar Cerah

· Views 11

Berita forex hari ini,rupiah diberitakan naik atas dolar pada perdagangan perdana bulan Oktober 2021. Naik sebesar 0,03% ke Rp 14.308 per USD dari nilai sebelumnya Rp 14.313 perUSD.  Pada akhir September 2021, nilai tukar rupiah tercacat terus merosot. Di akhir September tercatat rupiah turun 0,35%  dan begitu pula pekan sebelumnya.

Kenaikan Rupiah diantara negara Asia

Terakhir,angka Rupiah tercatat naik di atas Rp 14.300 per dolar AS sejak perdagangan akhir September. Kurs ini dinilai sebagai nilai paling lemah rupiah atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam bulan September.

Sejumlah analis pasar uang mengatakan bahwa fenomena pelemahan mata uang Rupiah sebagai salah satu mata uang Asia terhadap dolar AS dimungkinkan akan stuck hingga kuartal empat atas adanya ekspektasi investor akan kenaikan suku bunga. Federal Reserve nampaknya akan membuat kebijakan menanggulangi inflasi dengan menaikkan suku bunga bank sentral AS dan menekan dampak pandemi atas dolar AS. Kebijakan tersebut akan menekan mata uang Asia Selatan.

Di sisi lain, aktivitas manufaktur di beberapa kawasan Asia melaporkan hal sebaliknya. Industri di kawasan ini tengah menguat pada bulan September meskipun isu tekanan Dolar meningkat. Hal ini terjadi akibat pelonggaran kebijakan pemerintah di beberapa negara Asia terkait kegiatan ekonomi pasca pandemi Covid-19,termasuk Indonesia.

Pergerakan Mata Uang Negara Asia terhadap USD

Kenaikan Rupiah atas USD di tengah mata uang negara lain di Asia terhitung baik. Dilansir dari kontan.com, Won tercatat bertahan dan cenderung melemah terhadap USD. Dolar Taiwan dan dolar Singapura pun dilaporkan melemah. Senasib dengan Indonesia, kurs Yuan, ringgit, baht, yen, dan rupee meningkat.

Negara Asia tengah berupaya keras mempertahankan kurs mereka di tengah situasi pandemi dan desakan dari USD yang fluktuatif. Kurs negara-negara Asia sangat terpengaruh pada setiap kebijakan yang dikeluarkan bank sentral AS atas USD. Terlepas dari kemungkinan apapun di waktu mendatang, investor menganggap jika kurs Rupiah berhasil bertahan dan bahkan menguat hal ini adalah berita yang baik bagi mereka ditengah mulai stabilnya perekonomian di Indonesia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.