Note

Harga Emas Anjlok Tertekan Dolar Dan Yield Obligasi AS

· Views 26

Seputarforex - Harga emas jatuh lebih dari satu persen akibat penguatan Dolar AS dan yield obligasi US Treasury. Pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell dalam testimoni di hadapan Kongres, Selasa (28/September) malam tentang ketenagakerjaan, tak mampu menahan logam mulia tersebut dari penurunan.

Harga emas spot turun 0.8% ke $1,736.81 per ounce pada pukul 17:43 GMT, setelah jeblok ke level terendah 11 Agustus di sesi perdagangan sebelumnya. Harga emas futures di Comex New York turun dengan persentase yang sama ke $1,737.5 per ounce. Sedangkan saat berita ini ditulis, XAU/USD telah menambah penurunan ke $1,733.54.

Harga Emas Anjlok Tertekan Dolar Dan Yield Obligasi AS

Dolar AS menguat karena terangkat yield obligasi US Treasury. Yield naik selama empat hari berturut-turut menuju level tinggi tiga bulan di atas 1.5%. Dolar AS bersaing dengan emas sebagai safe haven, dan kali ini Dolar AS dianggap lebih menjanjikan. Dolar AS yang kuat membuat harga emas terasa lebih mahal bagi pembeli dengan uang selain Dolar.

Di sisi lain, testimoni Powell malam ini juga tak memberikan dukungan berarti bagi emas. Ketua bank sentral AS tersebut mengatakan bahwa ekonomi AS masih jauh dari pencapaian ketenagakerjaan penuh (maximum employment). Ketenagakerjaan merupakan salah satu komponen penting dalam pertimbangan untuk menaikkan suku bunga.

Kendati demikian, para investor lebih memperhatikan dot plot yang telah dirancang oleh para pembuat kebijakan di bank sentral ketimbang pernyataan Powell malam ini. "Dot plot yang dibuat oleh para anggota FOMC memberikan sinyal sebuah kenaikan suku bunga yang lebih awal daripada ekspektasi. Selain itu, kenaikan yield curve terus memberikan dampak negatif pada emas," kata Bart Melek, analis dari TD Securities.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.