Note

AUD/USD tetap Tertekan di Bawah 0,7300 karena Data Beragam dari Australia dan Tiongkok

· Views 54
  • AUD/USD tetap dalam mode konsolidasi bearish karena Penjualan Ritel pendahuluan Australia kontras dengan Keuntungan Industri Tiongkok.
  • Penjualan Ritel Australia pulih -1,7% dan Laba Industri Tiongkok turun di bulan Agustus.
  • Sentimen pasar berkurang di tengah kekhawatiran beragam atas Tiongkok, stimulus AS dan batas utang.
  • Pernyataan yang disiapkan Ketua The Fed Powell memperbarui kekhawatiran atas pengurangan QE, kesaksian aktual dan sejumlah katalis risiko dipantau.

AUD/USD tetap tertekan di sekitar 0,7270, turun sebesar 0,20% dalam intraday selama awal Selasa ini. Dengan demikian, pasangan AUD ini berusaha keras untuk bersemangat terhadap data positif di dalam negeri di tengah sentimen yang suram dan ekonomi yang lebih lemah dari pelanggan terbesarnya, Tiongkok.

Pembacaan awal Penjualan Ritel Australia untuk bulan Agustus meningkat dari -2,7% sebelumnya dan -2,5% diharapkan menjadi -1,7%. Namun, Laba Industri Tiongkok turun ke 10,1% Tahun/Tahun dibandingkan perkiraan 16,4%.

Selain data beragam dari Australia dan Tiongkok, sentimen yang lesu di pasar juga berkontribusi pada kelemahan terbaru pasangan AUD/USD.

Goldman Sachs memotong PDB Tiongkok, sementara Wall Street Journal (WSJ) mengisyaratkan ancaman baru atas kelangkaan chip, yaitu pemadaman listrik di Beijing. Setelah itu, Bank Dunia mengatakan, menurut Reuters, “Pemulihan ekonomi di Asia Timur dan Pasifik menghadapi kemunduran,” sambil merevisi turun PDB Tiongkok ke 8,5% untuk tahun 2021.

Di baris yang sama adalah kekhawatiran beragam atas stimulus AS dan pembicaraan batas utang. Meskipun Menteri Keuangan AS Janet Yellen mendesak agar masalah batas utang segera ditangani, kegagalan Senat untuk mempercepat tindakan dalam menangguhkan plafon utang federal dan untuk mencegah penutupan sebagian pemerintah, menurut Reuters, menguji optimisme pasar. Setelah itu, Pemimpin Senat Partai Demokrat AS, Chuck Schumer mengatakan bahwa Partai Demokrat akan mengambil tindakan lebih lanjut pekan ini agar dapat menghindari penutupan pemerintah dan gagal bayar utang. Di tempat lain, Ketua DPR Nancy Pelosi menunjukkan optimisme untuk mengatasi kebuntuan RUU stimulus infrastruktur AS pada hari sebelumnya tetapi mengisyaratkan angka yang lebih rendah daripada jumlah yang diminta oleh Presiden Joe Biden sebesar $3,5 triliun.

Di tempat lain, dorongan berkelanjutan Ketua The Fed Jerome Powell untuk pengurangan QE, sesuai dengan pernyataan yang disiapkan untuk kesaksian hari ini, juga menantang para pembeli AUD/USD.

Sebaliknya, berkurangnya jumlah COVID di dalam negeri dan optimisme untuk mencapai target vaksinasi ganda sebanyak 80% di Australia tampaknya menantang para penjual AUD/USD. Di baris yang sama adalah sejumlah laporan terkait pemulihan ekonomi setelah pandemi di negara Barat serta kesiapan Inggris untuk bergabung dengan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership/CPTPP).

Sementara yang menggambarkan sentimen, yang memiliki hubungan linier dengan harga AUD/USD karena status barometer risikonya, Kontrak berjangka S&P 500 turun sebesar 0,22% dalam intraday sedangkan imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun turun 0,5 basis poin (bp) setelah menyegarkan tertinggi tiga bulan hari sebelumnya.

Meskipun sentimen risk-off membebani harga AUD/USD, para penjual berhati-hati di tengah kekhawatiran para pengambil kebijakan AS dan Tiongkok atas mengatasi masalah yang ada. Selanjutnya, pembaruan COVID juga positif dan mungkin menarik para pembeli jika dolar AS melemah karena kesaksian Ketua The Fed Powell hari ini.

Analisis Teknis

Mengingat divergensi RSI yang bearish, yang kontras dengan pemulihan AUD/USD, level 200-DMA di sekitar level acuan 0,7300 dan garis resistance melandai berusia delapan hari di 0,7305 menjadi rintangan utama bagi pasangan mata uang ini untuk dilewati agar dapat meyakinkan para pembeli. Sementara itu, pergerakan pullback mungkin ditantang oleh support kisaran perdagangan baru-baru ini di dekat 0,7220 dan angka bulat 0,7200.

Level-Level Teknis AUD/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 0.7272
Perubahan harian hari ini -0.0015
Perubahan harian hari ini % -0.21
Pembukaan harian hari ini 0.7287
 
Tren
SMA 20 Harian 0.7331
SMA 50 Harian 0.7325
SMA 100 Harian 0.7476
SMA 200 Harian 0.7596
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 0.7295
Rendah Harian Sebelumnya 0.7249
Tinggi Mingguan Sebelumnya 0.7317
Rendah Mingguan Sebelumnya 0.7219
Tinggi Bulanan Sebelumnya 0.7427
Rendah Bulanan Sebelumnya 0.7106
Fibonacci Harian 38,2% 0.7277
Fibonacci Harian 61,8% 0.7267
Pivot Point Harian S1 0.7259
Pivot Point Harian S2 0.7231
Pivot Point Harian S3 0.7213
Pivot Point Harian R1 0.7305
Pivot Point Harian R2 0.7323
Pivot Point Harian R3 0.7351

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.