Note

INILAH HAL-HAL YANG MEMBUAT ORANG TAKUT MEMBELI SAHAM

· Views 41
INILAH HAL-HAL YANG MEMBUAT ORANG TAKUT MEMBELI SAHAM

Sejatinya, instrumen investasi saham dipilih karena menguntungkan dan bisa menghasilkan imbal hasil atau return yang tinggi. Meski menguntungkan, tidak ada yang bisa menjamin bahwa investasi saham akan selalu sukses. Biasanya saham menjadi pilihan terakhir. Banyaknya persepsi tentang saham di masyarakat, membuat investasi model ini dipenuhi kesalahpahaman. Secara umum masyarakat Indonesia masih punya pandangan yang tidak pas atau keliru mengenai saham.

INILAH HAL-HAL YANG MEMBUAT ORANG TAKUT MEMBELI SAHAM

  • Hanya Dapat Dilakukan oleh Orang Kaya
    Saham masih dipandang sebagai investasi khusus untuk orang kaya. Masyarakat masih berpikir kalau untuk membeli saham dibutuhkan dana yang besar. Persepsi ini sudah berubah. Dulu, sekitar 20 tahun yang lalu, memang belum banyak online trading sehingga orang yang bisa menjadi investor setidaknya punya uang Rp25-50 juta. Karena kalau buka rekening di perusahaan sekuritas, di bawah nilai itu tidak ada sales yang mau handle. Mereka tidak mau karena komisinya kecil.
     
  • Spekulasi
    Banyak yang menganggap membeli saham punya risiko tinggi, karena sifatnya yang spekulatif. Padahal, membeli saham itu artinya kita membeli sebuah perusahaan. Itu yang sering dilupakan. Jadi kalau kita beli saham-saham itu artinya kita jadi pemilik perusahaan tersebut. Sebenarnya risiko sangat kecil, karena tidak mungkin perusahaan-perusahaan itu bangkrut atau merugi. Yang terjadi adalah dari tahun ke tahun perusahaan makin bertumbuh. Selain itu, ada juga yang menganggap saham sebagai alat judi, tetapi kalau saat ini juga sudah tersedia saham-saham dari perusahaan syariah yang bisa dilihat di halaman situs BEI dalam Daftar Efek Syariah. Perusahaan-perusahaan yang masuk daftar ini sudah diaudit sehingga proses produksi mereka sesuai dengan aturan syariah. Sebagai tambahan, persepsi spekulasi itu muncul karena orang lebih memilih saham untuk transaksi cepat, seperti jual beli. Padahal saham adalah investasi jangka panjang yang bahkan bisa diwariskan untuk anak dan cucu Anda.
     
  • Saham adalah Hal yang Membingungkan
    Mungkin pikiran pertama yang muncul pada kita semua saat mendengar saham adalah papan dengan infografik dan nilai yang rumit seperti dalam film The Wolf of Wall Street. Seringkali Anda sendiri yang membuat saham tampak rumit.
     
  • Tidak Paham Analisis Fundamental
    Dalam duni saham, Anda harus bisa melakukan analisa fundamental dasar ketika memutuskan untuk membeli sebuah saham. Sayangnya masih banyak investor yang suka melihat tren sesaat dalam melakukan analisis saham. Trader pemula biasanya tergoda degan dalih mendapatkan keuntungan atau profit cepat di pasar, yang justru membuat sebagian investor abai dengan analisis fundamental saham. Padahal keuntungan dan kerugian perusahaan bisa menjadi pemicu harga saham.
     
  • Tidak Melakukan Diversifikasi Investasi
    Setiap instrumen investasi tentu memiliki risikonya masing-masing. Hanya terpaku pada satu saham tentu sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko kehilangan nilai atau anjlok saat sahamnya sedang turun.  Oleh karena itu, gunakan saham sebagai media atau alat yang dapat menuntun Anda ke tujuan keuangan tertentu dan melihat sisi buruk dan sisi baiknya. Diversifikasi investasi di berbagai instrumen investasi penting Anda lakukan agar jika salah satu investasi Anda gagal, masih ada instrumen investasi lain dan uang Anda tidak benar-benar habis.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.