Note

Daftar Kepala Negara dengan 'Gaji' Tertinggi se-ASEAN, Jokowi Nomor Berapa?

· Views 36
Daftar Kepala Negara dengan 'Gaji' Tertinggi se-ASEAN, Jokowi Nomor Berapa?
Daftar Kepala Negara dengan 'Gaji' Tertinggi se-ASEAN, Jokowi Nomor Berapa?
Jakarta

Dalam daftar 10 besar kepala negara dengan penghasilan tertinggi di dunia Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak masuk di dalamnya. Namun, jika dirangkum kepala negara dengan penghasilan tertinggi se-ASEAN Jokowi masuk urutan ke-6.

Daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi se-ASEAN, dirangkum oleh detikcom dari data yang dirilis situs Zippia. Sebagaimana dikutip Jumat (24/9/2021).

Untuk urutan pertama, ternyata diduduki oleh Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah menjadi kepala negara dengan penghasilan tertinggi se-ASEAN. Penghasilannya ditaksir sebesar US$ 1.986.768.000 setara Rp 28,3 triliun (Rp 14.272).

Dia juga menempati urutan ke-3 dalam daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi di dunia. Kedudukannya mengalahkan penghasilan Ratu Inggris, Elizabeth II hingga Raja Norwegia Harald V yang masing-masing memiliki penghasilan sebesar US$ 122.442.508 dan US$ 33.237.000.

Sedangkan Jokowi yang berada di urutan 6 penghasilannya ditaksir sebesar US$ US$ 51.600 setara Rp 736 juta per tahun atau sekitar Rp 61 juta per bulan.

Perlu diketahui, dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden, gaji presiden ditetapkan sebesar 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden.

Gaji pejabat tertinggi negara selain presiden dan wakil presiden yakni sebesar Rp 5.040.000 per bulan yang merupakan gaji untuk pejabat tinggi negara setingkat ketua DPR dan ketua MPR. Artinya, untuk gaji presiden sebesar Rp 30.240.000 atau sebesar 6 x Rp 5.040.000 per bulan. Besarnya tunjangan presiden yang diperoleh sebesar Rp 32.500.000 per bulan.

Sebagai catatan, Presiden RI juga mendapat berbagai biaya yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan kewajibannya.

Sementara, dalam daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi di dunia yang dirilis Zippia, tidak ada daftar kepala negara Kamboja.

Berikut ini daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi se-ASEAN:

1. Brunei Darussalam

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah menempati kedudukan pertama dengan penghasilan kepala negara tertinggi se-ASEAN. Penghasilannya tercatat sebesar US$ 1.986.768.000 setara Rp 28,3 triliun.

Sebagai informasi, Sultan Hassanal Bolkiah adalah salah satu raja absolut terakhir di dunia bersama dengan eSwatini, Oman, Arab Saudi, Kota Vatikan, dan Uni Emirat Arab. Tidak mengherankan, dengan semua kekuatannya, dia memiliki gaji yang luar biasa.

2. Thailand

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn tercatat mendapatkan gaji sebesar US$ 84.000.000 setara Rp 1,1 triliun. Maha Vajiralongkorn adalah raja Thailand sejak 13 Oktober 2016.

3. Singapura

Presiden Singapura berada di urutan 20 dengan penghasilan sebesar US$ 1.442.000. Untuk Presiden Singapura saat ini diduduki oleh, Halimah Yacob.

4. Malaysia

Kepala negara/pemerintahan Malaysia memiliki penghasilan yang ditaksir sebesar US$ 263.500. Kini kepala negara Malaysia dipimpin oleh Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah ibni Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah.

Kepala negara dan pemerintah Malaysia dipimpin oleh orang yang berbeda. Untuk kepala pemerintahnya sendiri dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

5. Filipina

Presiden Filipina diketahui memiliki penghasilan sebesar US$ 95.554. Saat ini Presiden Filipina diduduki oleh Rodrigo Duterte.

6. Indonesia

Penghasilan Presiden RI itu tercatat dalam urutan ke-123 dalam daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi di dunia. Sedangkan se-ASEAN berada di urutan 6. Presiden RI tercatat memiliki penghasilan berkisar US$ 51.600 setara Rp 736 juta.

7. Myanmar

Presiden Myanmar penghasilannya ditaksir US$ 40.980. Kini Presiden Myanmar diduduki oleh Win Myint.

8. Vietnam

Kepala negara Vietnam penghasilannya ditaksir US$ 8.320. Jabatan itu kini ditempati oleh Nguyễn Xuân Phúc.

9. Laos

Kepala negara Laos penghasilannya ditaksir US$ 1.630 Jabatan itu kini ditempati oleh Thongloun Sisoulith

(fdl/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.