Note

BoE Sorot Tingginya Inflasi, Poundsterling Meroket

· Views 25

Seputarforex - Kebijakan Bank of England (BoE) yang diumumkan pada Kamis (23/September) sore tadi menunjukkan sentimen hawkish. Meski mempertahankan suku bunga acuan di level rendah 0.1%, tetapi kenaikan inflasi Inggris dinilai cukup tinggi. Proyeksi inflasi dinaikkan hingga lebih dari 4% di akhir tahun ini.

Bank sentral Inggris tersebut memang masih menyatakan bahwa kenaikan inflasi mungkin hanya sementara. Namun, dua dari sembilan orang anggota rapat MPC BoE - Dave Ramsden dan Michael Saunders - menyuarakan agar program pembelian obligasi di era pandemi ini diakhiri lebih awal. Menurut notulen rapat BoE, kedua orang tersebut melihat adanya peningkatan bukti dari berbagai indikator biaya dan inflasi secara global dan domestik, yang mana tekanan inflasi kemungkinan akan bertahan di level tinggi.

Pasar kemudian berekspektasi bahwa selanjutnya, suku bunga BoE akan naik setidaknya mulai bulan Maret atau pertengahan tahun 2022. "Jelas bahwa (penilaian) komite soal seberapa besar masalah yang ditimbulkan oleh kenaikan inflasi, telah terbagi. Namun, mengingat banyaknya hambatan yang dihadapi ekonomi di musim dingin ini, menurut kami kenaikan suku bunga tidak mungkin dilaksanakan sampai paruh kedua tahun 2022," imbuh ekonom ING James Smith.

 

Poundsterling melonjak hampir satu persen setelah kebijakan moneter BoE tersebut diumumkan, terutama setelah bertambahnya pejabat yang berpandangan hawkish. GBP/USD naik 0.87% ke 1.373 saat berita ini ditulis pada Kamis (23/September) malam.

BoE Sorot Tingginya Inflasi, Poundsterling Meroket

Selain karena pandangan hawkish BoE, penguatan Pound malam ini juga diakibatkan oleh bangkitnya minat risiko. Kekhawatiran akan risiko gagal bayar utang Evergrande sedikit mereda setelah PBoC menyuntikkkan dana tambahan ke sistem perbankan China, guna mengantisipasi restrukturisasi utang dalam jumlah besar. Hal ini membuat pasar saham bangkit dan Dolar AS sebagai mata uang safe haven melemah, termasuk terhadap Pound.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.