Note

Pabrik Hot Strip Mill Diresmikan Jokowi, Ketua DPR : Proyek Baja Trikora Inisiasi Bung Karno

· Views 9
Pabrik Hot Strip Mill Diresmikan Jokowi, Ketua DPR : Proyek Baja Trikora Inisiasi Bung Karno
Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden Jokowi menghadiri peresmian Pabrik Hot Strip Mill (HSM) 2 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Banten. (FOTO Ist).

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peresmian Pabrik Hot Strip Mill (HSM) 2 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Dalam kesempatan itu, Puan menaruh harapan pada industri baja nasional.

“Industri baja adalah ‘mother of industry’. Tanpa industri baja dan besi, industri pengolahan lainnya tidak akan bisa berproduksi,” kata Puan, Selasa (21/9/2021).

BACA JUGA:
Gunakan Teknologi Canggih, Jokowi: Pabrik Baja Krakatau Steel Nomor Dua di Dunia Setelah AS

Menilik sejarah, kata dia, Krakatau Steel merupakan bagian dari pelaksanaan Proyek Baja Trikora yang diinisiasi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960. Di peletakan baru pertamanya pada tahun 1962, Krakatau Steel awalnya bernama Cilegon Steel Mill yang kemudian resmi beroperasi pada 31 Agustus 1970.

“Presiden Soekarno benar-benar memahami itu, sehingga menginisiasi pembangunan pabrik baja di Cilegon tahun 1962,” ujarnya.

BACA JUGA:
Resmikan Pabrik Hot Strip Mill Krakatau Steel, Jokowi Harap Bisa Tekan Impor Baja

Hal ini diamini oleh Dirut PT Krakatau Steel, Silmy Karim, yang mengapresiasi kehadiran Puan dalam peresmian pabrik baru BUMN tersebut.

“Hal ini tentu menambah kebahagian kami keluarga besar Krakatau Steel, karena cikal bakal Krakatau Steel tidak lepas dari peran besar Presiden RI Pertama Bapak Ir. Soekarno dalam menggagas dan mewujudkan industri baja di Indonesia yang mulai dibangun pada 1962 dengan nama  Projek Baja Trikora,” kata Silmy dalam sambutannya.

BACA JUGA:
Jokowi Resmikan Pabrik Baja Baru Krakatau Steel

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.