Note

Ikut-ikutan Terseret Krisis Evergrande, Bitcoin Lanjut Turun

· Views 24

Bisnis.com, JAKARTA – Bitcoin dan sejumlah aset kripto lainnya melanjutkan penurunan pada Selasa (21/9/2021) menyusul aksi jual pasar global yang dipicu oleh kekhawatiran kasus gagal bayar China Evergrande Group.

Berdasarkan data CoinGecko, Bitcoin melemah 5,3 persen dalam 24 jam terakhir menjadi US$42.735,39 pada pukul 10.49 WIB. Sementara itu, Ethereum anjlok 9,2 persen menjadi US$2.997,4 dan Cardano merosot 12,3 persen ke US$2,12.

Penurunan ini mencerminkan menyebarnya kekhawatiran karena investor mempertimbangkan risiko yang datang dari krisis utang Evergrande dan pertemuan Federal Reserve pekan ini. indeks S&P 500 turun 1,7 persen pada perdagangan Senin (20/9). Aksi juga juga berlanjut di pasar saham Asia dengan indeks Hang Seng turun 0,71 persen setelah anjlok 3,1 persen pada perdangan kemarin.

Sales trader Global Block Jonas Luethy mengatakan sebagian besar orang mengaitkan anjloknya Bitcoin dan cryptocurrency lainnya dengan situasi Evergrande yang sedang berlangsung di China yang telah menyebabkan gejolak di pasar modal global.

"Para analis telah memperkirakan minggu bergerakan Bitcoin cenderung berfluktuasi tajam dengan potensi penurunan ke level US$41.000," ungkap Luethy, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (21/9/2021).

Meskipun Bitcoin tidak selalu bergerak sejalan dengan dengan pasar keuangan  global, yang membuatnya menarik dari sudut pandang diversifikasi portofolio, pergerakan rata-rata 30 hari aset kripto terbesar ini cenderung sejalan dengan futures indeks Nasdaq 100 sejak Februari tahun lalu.

Hal ini dikarenakan Bitcoin mulai lebih terintegrasi di pasar keuangan global, sehingga lebih merespons perubahan selera risiko investor yang mendorong sentimen global.

 Sementara itu, Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan negaranya telah membeli hingga 150 Bitcoin saat harganya turun, sehingga kepemilikannya menjadi 700 Bitcoin atau sekitar US$32 juta berdasarkan harga saat ini.

El Salvador baru-baru ini mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, meskipun langkah ini dipandang kontroversial dan diprotes oleh warganya. Gangguan teknis juga menghambat implementasi adopsi ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.