Note

Dari Jualan Sabun, Pria Ini Jadi Konglomerat di Indonesia

· Views 31
Dari Jualan Sabun, Pria Ini Jadi Konglomerat di Indonesia
Foto: Harjo Sutanto (Internet/CNBC)
Jakarta

Nama Harjo Sutanto kini masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Pria yang kini berusia 93 tahun ini merupakan Wings Group. Dia juga tercatat sebagai crazy rich tertua di Tanah Air.

Berdasarkan data Forbes yang dikutip, Senin (20/9/2021), total nilai harta Harjo Sutanto pada 2020 adalah US$ 530 juta. Di Indonesia dirinya masuk daftar 50 orang terkaya.

Mengutip CNBCIndonesia, Harjo Sutanto kini tinggal di DKI Jakarta, statusnya sudah menikah dengan Yenny Lilian dan dikaruniai empat orang anak.

Orang terkaya nomor urut 48 di Tanah Air ini karena jerih payahnya selama ini menjual sabun. Bersama sahabatnya, Johannes Ferdinand Katuari, Harjo Sutanto menjual sabun dari pintu ke pintu lebih dari 60 tahun yang lalu di Jawa Timur.

Dengan kerja keras dan konsisten dalam memasarkan produk sabun buatannya sendiri. Lingkup pasar produknya pun sudah mulai masuk ke warung-warung hingga tersebar ke agen.

Pada saat itu, perusahaan sabunnya di bernama Fa Wings. Pada awalnya, mereka cuma memproduksi sabun colek, namun akhirnya juga memproduksi sabun mandi merek GIV yang laku keras.

Seiring waktu berjalan, kini Harjo Sutanto berhasil menjadikan Wings Grup sebagai salah satu produsen sabun terbesar di Indonesia. Produknya pun dengan sangat mudah dijumpai di supermarket dan toko-toko ritel besar lain, sebut saja produknya Nuvo, So Klin, Kodomo, Ciptadent, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Wings Grup juga sekarang memproduksi produk rumah tangga seperti pembersih toilet, detergen, dan pembalut wanita.

Satu lagi, Wings Grup juga memiliki produk makanan yaitu mie instan dengan merek Mie Sedaap. Kini pasarnya pun sudah tidak hanya di Indonesia, melainkan ekspor.

Tidak sampai di situ, Wings Grup juga termasuk perusahaan yang cepat mengikuti perkembangan zaman. Terbukti dari bisnis franchise peritel minimarket FamilyMart.

Kesuksesan Harjo Sutanto pun kini menurun ke anak-anaknya. Salah satunya adalah Fifi yang sekarang memimpin di Ecogreen, anak perusahaan Wings yang aktif dalam produk oleo-kimia.

(fdl/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.