Note

RI Masih Punya Stok 60 Juta Dosis Vaksin, Standby di Gudang

· Views 19
RI Masih Punya Stok 60 Juta Dosis Vaksin, Standby di Gudang
Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77
Jakarta

Pemerintah saat ini masih memiliki 60 juta dosis vaksin yang siap disuntikkan ke masyarakat. Vaksin-vaksin tersebut tersimpan di gudang provinsi, kabupaten, dan kota.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pertama menjelaskan bahwa hingga hari ini Indonesia sudah menerima 190 juta dosis vaksin. Sebanyak 169 juta dosis sudah didistribusikan ke provinsi, kabupaten dan kota, dan 125 juta dosis di antaranya sudah disuntikkan per tadi pagi.

"Jadi dari 125 juta ada yang sudah terkirim 169 juta. Jadi ada 44 juta yang bisa digunakan untuk seluruh provinsi, seluruh kabupaten, seluruh kota untuk menyuntikkan," ujarnya dalam konferensi pers perpanjangan PPKM, Senin (20/9/2021).

Kemudian pada minggu ini pihaknya akan mengirimkan 15 juta dosis vaksin lagi. Jadi total stok yang tersedia dalam minggu ini dan bisa dipakai oleh seluruh kabupaten/kota ada sekitar 60 juta dosis.

"Sebagian masih ada di gudang provinsi, masih ada di gudang kabupaten/kota, masih ada di gudang fasilitas kesehatan maupun di gudang-gudang distributor yang setiap saat bisa diminta oleh kepala dinas kabupaten/kota untuk mengirimkan barangnya," tuturnya.

Pemerintah pun mendorong agar pemerintah daerah bisa menyuntikkan vaksin-vaksin yang tersedia kepada masyarakat. Di sisi lain pihaknya menyadari masih ada kekurangan dari sisi pencatatan ketersediaan vaksin.

"Memang pencatatannya memang ada yang isu, jadi ada yang tidak bisa melihat faskesnya punya apa, ada provinsi yang belum bisa melihat kabupaten dan kotanya punya berapa. Tapi dengan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan TNI/Polri harusnya 60 juta dosis yang minggu ini akan ada di seluruh kabupaten/kota dan provinsi harusnya bisa dikoordinasikan dengan baik untuk teman-teman mulai disuntikkan," tambahan.

(toy/dna)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.