Note

4 Fakta Penarikan Dubes Prancis dari AS dan Australia, Nomor 2 Pertama dalam Sejarah

· Views 19
4 Fakta Penarikan Dubes Prancis dari AS dan Australia, Nomor 2 Pertama dalam Sejarah
Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian. (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id – Penarikan duta besar (dubes) Prancis dari AS dan Australia cukup membuat publik dunia terkejut. Pasalnya, hubungan Paris dengan kedua negara tersebut selama ini boleh dibilang tidak pernah punya masalah serius.

Berikut beberapa fakta penarikan dubes Prancis dari Amerika Serikat dan Australia seperti dirangkum iNews.id, Sabtu (18/9/2021):

BACA JUGA:
Prancis Tarik Dubes dari AS dan Australia, Pertama dalam Sejarah!

1. Dipicu oleh pembatalan pembelian kapal selam Prancis

Pada 2016, Australia menandatangani kontrak pembelian kapal selam rancangan Prancis senilai 40 miliar dolar AS (Rp570,5 triliun). Namun, pada Kamis (16/9/2021) lalu, Australia tiba-tiba mengumumkan bakal membatalkan kesepakatan dengan Paris itu.

BACA JUGA:
Terungkap, Ini Penyebab Prancis Tarik Dubes dari AS dan Australia

Sebagai gantinya, militer Australia akan akan membangun sedikitnya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi AS dan Inggris dalam sebuah kesepakatan keamanan trilateral yang dicapai ketiga negara.

 “Ini adalah perilaku yang tidak dapat diterima di antara sekutu,” kata Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian, Jumat (17/9/2021).

BACA JUGA:
Pakar Militer Sebut China Bisa Serang Australia dengan Nuklir

2. Pertama dalam sejarah

Penarikan dubes Prancis dari AS dan Australia pada Jumat (17/9/2021) adalah peristiwa pertama dalam sejarah. Reuters melansir, langkah tersebut menjadi penanda krisis diplomatik yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Paris, Washington DC, dan Canberra.

BACA JUGA:
Australia Bangun Kapal Selam Nuklir, Begini Sikap Indonesia

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.