Note

EUR/USD Memangkas Penurunan Besar di Bawah 1,1800 Jelang Data AS dan Fed

· Views 26
  • EUR/USD mengkonsolidasi penurunan baru-baru ini untuk menyentuh tertinggi intraday.
  • ECB menolak rumor tentang perkiraan inflasi dan kekhawatiran kenaikan suku bunga.
  • Data AS memperbarui kekhawatiran penurunan Fed, pasar menunggu rincian Sentimen Konsumen Michigan AS untuk keyakinan di tengah petunjuk beragam.

EUR/USD pulih di sekitar 1,1770, naik 0,05% intraday dan mengkonsolidasi penurunan hari sebelumnya, terberat dalam sebulan. Mundurnya Dolar AS di tengah sesi yang tidak aktif dapat dikaitkan dengan rebound mata uang utama menjelang sesi Eropa hari ini.

Indeks Dolar AS (DXY) bergerak lebih tinggi di sekitar 92,85, stabil akhir-akhir ini, mengikuti lonjakan harian terbesar sejak pertengahan Agustus. Indeks Greenback menguat pada hari Kamis setelah Penjualan Ritel AS untuk bulan Agustus dan Indeks Manufaktur Fed Philadelphia untuk bulan September memperbaharui kekhawatiran pengurangan Fed. Penjualan Ritel AS MoM melonjak ke tertinggi dalam lima bulan sementara melampaui ekspektasi -0,8% dengan angka +0,7%. Selanjutnya, indeks Philly Fed juga naik kuat menjadi 30,7 versus perkiraan 19 dan 19,4 sebelumnya, menandai angka terkuat dalam tiga bulan.

Yang juga mendukung Greenback adalah obrolan bahwa AS, Inggris, dan Australia secara tidak langsung menantang Tiongkok dengan pakta sekuritas dan AS menjadi tuan rumah Inggris, India, Australia, dan Jepang untuk pembicaraan diplomatik pekan depan. Selain itu, perselisihan Tiongkok-Amerika, baru-baru ini di Taiwan, bergabung dengan badai yang menantang perusahaan minyak di Teluk AS akan menambah suasana risk-off dan mendukung permintaan safe-haven Dolar AS. Berdasarkan berita terbaru, AS dan Australia mengeluarkan pernyataan bersama yang menunjukkan kekhawatiran atas klaim Laut Cina Selatan dan menyampaikan kesiapan untuk memperkuat hubungan dengan Taiwan.

Di sisi lain, Inggris Financial Times (FT) berita bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) Kepala Ekonomi Philip Lane memberi petunjuk pada kenaikan inflasi yang lebih cepat memicu kenaikan Euro kemarin tapi ditolak oleh ECB sesudahnya.

Selain itu, pemikiran ulang atas pengurangan Fed tampaknya membatasi penurunan. Jajak pendapat terbaru Reuters dari 51 ekonom mendorong kembali penurunan ke pertemuan November dan mengutip kekhawatiran inflasi. Survei tersebut juga mengisyaratkan dampak suram varian Delta COVID terhadap PDB AS Q3. Selain itu, petunjuk bahwa pembicaraan stimulus AS sedang dalam proses dan lebih banyak vaksin sedang dalam perjalanan tampaknya telah mendukung konsolidasi terbaru.

Di tengah permainan ini, S&P 500 Futures tetap tanpa arah sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun naik-turun di dekat 1,33% pada saat berita ini dimuat.

Pembacaan akhir Indeks Harga Konsumen (IHK) Zona Euro untuk bulan Agustus, diharapkan mengkonfirmasi perkiraan 3,0% YoY, ada di kalender untuk menawarkan arah jangka dekat. Namun, pedagang EUR/USD akan lebih tertarik pada pembacaan awal Indeks Sentimen Konsumen Michigan AS untuk bulan September, yang diharapkan 72,2 versus 70,3 sebelumnya. Jika data yang berpusat pada konsumen memberikan kejutan positif, kekhawatiran tapering oleh Fed dapat menambah tekanan turun pada harga EUR/USD.

Analisis teknis

Area horizontal yang terbentuk sejak Juli, di sekitar 1,1750 membatasi penurunan EUR/USD sebelum mengarahkannya ke terendah awal Agustus di dekat 1,1710 dan terendah tahunan di sekitar 1,1665. Atau, pergerakan pemulihan tetap diragukan kecuali menembus level DMA-50 di 1,1797 pada penutupan harian.

Level Teknis EUR/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 1.1769
Perubahan harian hari ini 4
Perubahan harian hari ini % 0.03
Pembukaan harian hari ini 1.1765
 
Tren
SMA 20 Harian 1.1804
SMA 50 Harian 1.1799
SMA 100 Harian 1.193
SMA 200 Harian 1.1993
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.1821
Rendah Harian Sebelumnya 1.175
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.1886
Rendah Mingguan Sebelumnya 1.1802
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.19
Rendah Bulanan Sebelumnya 1.1664
Fibonacci Harian 38,2% 1.1777
Fibonacci Harian 61,8% 1.1794
Pivot Point Harian S1 1.1737
Pivot Point Harian S2 1.1708
Pivot Point Harian S3 1.1666
Pivot Point Harian R1 1.1807
Pivot Point Harian R2 1.1849
Pivot Point Harian R3 1.1877

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.