Note

Rupiah Tertahan di Zona Merah Bersama Mayoritas Mata Uang Asia Pasifik

· Views 42

Bisnis.com, JAKARTA - Rupiah mengalami depresiasi pada awal perdagangan hari ini bersama mayoritas mata uang di kawasan Asia Pasifik lainnya.

Berdasarkan data Bloomberg pada Senin (13/9/2021), mata uang Garuda turun 0,25 persen ke level Rp14.237 per dolar AS.

Tak hanya rupiah, yuan China juga turun 0,08 persen, bhat Thailand turun 0,10 persen, dan ringgit Malaysia turun 0,18 persen.

Di sisi lain, yen Jepang menguat 0,02 persen dan rupee India naik 0,14 persen.

Pada saat yang sama, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang utama dunia naik 0,10 persen menjadi 92.680.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan dari eksternal pasar mencermati komentar dari beberapa pejabat Bank Sentral AS (Federal Reserve) yang mengatakan pengetatan stimulus tidak akan ditunda hanya karena laporan ketenagakerjaan lebih lemah dari perkiraan pada Agustus.

“Namun, kolega Bowman, Presiden Fed Chicago Charles Evans, mengatakan pada hari Kamis bahwa ekonomi AS belum keluar dari kesulitan, dan bahwa tantangan termasuk rantai pasokan dan kemacetan pasar tenaga kerja, tetap ada,” tulis Ibrahim dalam riset harian, dikutip Senin (13/9/2021).

Sementara dari dalam negeri, pelaku pasar tampak masih khawatir PPKM Darurat dan PPKM Level 4 sejak awal Juli bakal berdampak signifikan pada penurunan konsumsi masyarakat dan mandeknya investasi. Kendati demikian, pelonggaran PPKM belakangan ini mulai memperlihatkan perbaikan tren belanja masyarakat secara signifikan.

Selanjutnya kebijakan fiskal, moneter, dan perbankan di Indonesia dinilai Ibrahim juga masih sangat akomodatif di masa pandemi ini. 

“Intinya koordinasi pemangku kebijakan antara otoritas semakin kuat dengan dilanjutkannya sinergi antara BI dan Pemerintah dalam pembiayaan fiskal. Berbagai kebijakan pendukung di sektor perbankan dan keuangan seperti perpanjangan masa relaksasi restrukturisasi kredit akan membantu dunia usaha dan perbankan dalam menghadapi dampak dari pandemi gelombang kedua ini,” tulis Ibrahim.

Ibrahim memperkirakan rupiah akan bergerak fluktuatif dan menguat terbatas hari ini pada rentang Rp14.390 - Rp14.230.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.