Note

PPKM Berdampak ke Pasar Modal tapi Investor Sudah Siap

· Views 39
PPKM Berdampak ke Pasar Modal tapi Investor Sudah Siap PPKM berdampak ke pasar modal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM berdampak pada kinerja pasar modal domestik meski relatif sudah diantisipasi oleh pelaku pasar.

"Kebijakan pemerintah dalam memberlakukan PPKM sejak 3 Juli yang terus diperpanjang hingga saat ini, terus memberikan dampak pada kinerja pasar modal Indonesia. Meskipun demikian, OJK menilai pelaku pasar sudah cukup siap dalam merespon hal tersebut. Terbukti sampai dengan saat ini, pasar masih bergerak sideways dengan tren IHSG masih mencoba bertahan di level 6.000 dan terkadang menunjukkan penguatan seiring dengan kondisi pemulihan ekonomi nasional," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen dilansir dari Antara, Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Pengusaha Surati Menko Airlangga dan Luhut Minta Bioskop Dibuka

Per 31 Agustus 2021, IHSG berada pada posisi 6.150,07 poin atau naik sebesar 2,86% (ytd). Sementara itu, nilai kapitalisasi pasar juga mengalami peningkatan sebesar 6,13% (ytd) dari sebelumnya sebesar Rp6.968,94 triliun per 30 Desember 2020 menjadi sebesar Rp7.395,89 triliun.

Kemudian, dari aset obligasi yang tercermin dalam Indonesia Composite Bond Index (ICBI), per 31 Agustus 2021, juga telah mengalami peningkatan sebesar 4,35% (ytd) dari sebelumnya tercatat sebesar 314,25 poin menjadi 327,93 poin.

Baca Juga: Pemprov DKI Sidak Puluhan Diskotek hingga Panti Pijat Selama PPKM

Sementara itu, dari sisi suplai, OJK juga telah mengeluarkan surat pernyataan efektif atas pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum untuk 126 emisi, dengan total nilai hasil penawaran umum mencapai Rp255,45 triliun. Sebanyak 38 di antaranya adalah emiten baru. Penambahan jumlah emiten baru tersebut juga tercatat masih tertinggi di bursa ASEAN.

"Selanjutnya, dari sisi demand, kita juga melihat fenomena peningkatan jumlah investor di pasar modal yang terus bertumbuh secara signifikan. Kami mencatat jumlah SID mencapai 6,09 juta atau meningkat sebesar 56,95% secara year to date," ujar Hoesen.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.