Note

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Didukung Data Ketenagakerjaan AS yang Lemah, Kemungkinan akan Naik Lebih Lanjut

· Views 29
  • Laporan Nonfarm Payrolls AS yang mengecewakan memicu spekulasi terkait penundaan pengurangan QE.
  • Bank Sentral Eropa akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada 9 September.
  • EUR/USD bullish dan dapat melanjutkan kenaikannya ke zona harga 1,2000.

Dolar Amerika dalam penawaran jual sepanjang minggu didukung komentar dovish dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell dan data terkait ketenagakerjaan lokal yang lemah, yang semuanya menunjukkan penundaan pengurangan QE.

Akan Lakukan Pengurangan QE atau Tidak

Komentar-komentar Hawkish dari sejumlah pejabat The Fed dan meningkatnya tekanan inflasi telah menyebabkan spekulasi bahwa bank sentral AS akan mulai mengurangi kebijakan moneter ultra-longgarnya pada akhir tahun. Namun, ketua The Fed Powell meredam harapan seperti itu di simposium Jackson Hole, mengungkapkan kekhawatiran terhadap potensi efek penyebaran virus Corona varian Delta dalam pemulihan ekonomi.

Dia mencatat bahwa pengurangan QE masih mungkin terjadi tahun ini, dikondisikan pada kemajuan ekonomi menuju target The Fed. Terkait inflasi, dia berkata  “Pada tingkat ini, tentu saja, menimbulkan kekhawatiran,” tetapi menambahkan, “kekhawatiran itu diredam oleh sejumlah faktor yang menunjukkan bahwa pembacaan yang meningkat ini cenderung terbukti sementara.”

Mengenai ketenagakerjaan, Powell mengatakan bahwa sektor ini pulih tetapi masih memiliki jalan yang panjang. Selama beberapa hari terakhir, kata-katanya dikonfirmasi oleh data-data makroekonomi, menuangkan air dingin pada harapan pasar.

Survei ADP mengantisipasi data lapangan pekerjaan yang buruk, karena sektor swasta menambahkan 374 ribu lapangan pekerjaan baru, jauh di bawah perkiraan 613 ribu. Selain itu, sub-komponen ketenagakerjaan Manufaktur ISM berkontraksi ke 49 dari 52,9. Terakhir, laporan Nonfarm Payrolls sangat mengecewakan, karena negara tersebut hanya menambahkan 235 ribu lapangan pekerjaan baru, tidak sesuai dengan perkiraan 750 ribu. Tingkat Pengangguran berkontraksi ke 5,2% seperti yang diharapkan, sementara Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja tetap tidak berubah di 61,7%.

ECB menahan kebijakannya untuk saat ini

Bank Sentral Eropa akan mengadakan rapat pada 9 September, dan pelaku pasar memperkirakannya akan mempertahankan kebijakan moneternya. Para pengambil kebijakan Eropa telah berhati-hati dalam mengumumkan perubahan pada kebijakan mereka saat ini dan terutama berfokus pada perkembangan pandemi.

Di luar bank-bank sentral, data yang dirilis hari ini adalah yang paling mengecewakan. Indikator Sentimen Ekonomi UE berkontraksi ke 117,5 di bulan Agustus, sementara Keyakinan Konsumen CB AS menyusut ke 113,8 di bulan yang sama.

Juga, Markit menerbitkan pembacaan akhir dari IMP bulan Agustus, yang sebagian besar mengalami revisi turun dari perkiraan awal, yang mengindikasikan ekspansi.

Kalender ekonomi makro UE memiliki agenda yang sibuk pekan ini. Terlepas dari pertemuan ECB Kamis ini, Jerman akan menerbitkan Pesanan Pabrik bulan Juli, Produksi Industri, dan Neraca Perdagangan. Negara ini juga akan merilis survei ZEW bulan September, dengan sentimen ekonomi terlihat membaik ke 56,7. Selain itu, negara ini juga akan mempublikasikan pembacaan akhir inflasi bulan Agustus.

Uni Eropa akan menerbitkan revisi Produk Domestik Bruto untuk kuartal kedua, sementara AS memiliki pekan yang tenang terkait data makroekonomi.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Didukung Data Ketenagakerjaan AS yang Lemah, Kemungkinan akan Naik Lebih Lanjut

Prospek Teknis EUR/USD

Pasangan EUR/USD mempertahankan kenaikan mingguan setelah mencapai puncak di 1,1908, juga tertinggi dari 30 Juli. Naik untuk pekan kedua berturut-turut, grafik mingguan menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini tetap berada di bawah SMA 20 yang agak bearish, sedangkan SMA 100 dan 200 SMA berkumpul di sekitar 1,1570, dengan SMA yang lebih pendek mempertahankan kemiringan bullish yang moderat. Indikator teknis terus pulih dalam level negatif, gagal untuk menyarankan kelanjutan bullish jangka panjang.

Pasangan mata uang ini bullish, menurut grafik harian, naik untuk hari keenam berturut-turut. Pasangan mata uang ini telah bergerak jauh di atas SMA 20, yang perlahan berubah lebih tinggi. Namun, pasangan mata uang ini masih berada di bawah SMA yang lebih lama, dengan SMA 100 saat ini di sekitar 1,1950, yang memberikan resistance dinamis. Sementara itu, indikator-indikator teknis mengarah lebih tinggi dengan kuat dalam level positif.

Di luar 1,1950, level resistance berikutnya adalah level acuan psikologis 1,2000 dalam perjalanan ke zona harga 1,2060/70. Support utama pada saat ini adalah 1,1820, dengan para pembeli mempererat cengkeraman jika pasangan mata uang ini tetap di atas level tersebut. Di bawahnya, penurunan dapat berlanjut menuju zona harga 1,1750.

Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Didukung Data Ketenagakerjaan AS yang Lemah, Kemungkinan akan Naik Lebih Lanjut

Jajak Pendapat Sentimen EUR/USD

Jajak Pendapat Perkiraan FXStreet menunjukkan bahwa sebagian besar para investor netral dalam waktu dekat, karena 46% pakar yang disurvei menargetkan target di sekitar zona harga saat ini. Mereka yang berharap untuk level yang lebih rendah adalah mayoritas dalam perspektif bulanan, dengan pasangan mata uang ini terlihat rata-rata di sekitar 1,1844. Para pembeli merebut kembali keunggulan dalam tampilan kuartalan, melonjak menjadi 43%.

Namun, bagan Ikhtisar menyajikan gambaran yang berbeda. Rata-rata pergerakan telah berubah naik tajam dalam tiga kerangka waktu yang dipelajari, meskipun, dalam tampilan bulanan, sebagian besar target terakumulasi di bawah level saat ini. Grafik yang sama menunjukkan bahwa dalam perspektif triwulanan, ada kemungkinan penyebaran target yang luas, antara 1,15 dan 1,24, entah bagaimana mencerminkan ketidakpastian yang sedang berlangsung terkait dengan kebijakan moneter Federal Reserve AS.

 Perkiraan Mingguan EUR/USD: Pembeli Didukung Data Ketenagakerjaan AS yang Lemah, Kemungkinan akan Naik Lebih Lanjut

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.