Note

Kebijakan Keras China Bikin Tekor Rp 42.900 T, Investor Panik Nggak?

· Views 60
Kebijakan Keras China Bikin Tekor Rp 42.900 T, Investor Panik Nggak?
Foto: Shutterstock
Jakarta

Perusahaan investasi global masih bertahan di China meski ada tindakan keras yang dilakukan Partai Komunis. Hal ini membuat US$ 3 triliun atau setara Rp 42.900 triliun (kurs Rp 14.300) menguap dari nilai pasar perusahaan-perusahaan terbesar.

Beberapa perusahaan global raksasa mengatakan, saat ini waktu yang tepat untuk berinvestasi. Mereka mengatakan, regulasi baru-baru diperlukan dan terlambat, serta pertumbuhan China tetap menarik.

"Kasus untuk China dalam jangka panjang masih utuh," kata Luca Paolini, Kepala Strategi Pictet Asset Management dikutip dari CNN, Kamis (2/9/2021).

Perusahaan ini adalah cabang dari bank swasta Swiss Pictet Group, memiliki aset kelolaan US$746 miliar. Pictet tidak sendirian, banyak nama besar seperti BlackRock, Fidelity, dan Goldman Sachs masih menyarankan klien untuk terus berinvestasi meskipun dengan hati-hati.

"Intensitas tindakan akan berfluktuasi," tulis ahli strategi di BlackRock dalam catatan penelitian Agustus.

"Otoritas China kemungkinan akan menyeimbangkan agenda regulasi mereka dengan keinginan untuk stabilitas ekonomi, dan intensitas tindakan keras regulasi dapat mereda di tengah pertumbuhan yang lebih lambat dan volatilitas pasar," tulisnya lebih lanjut.

Tindakan keras setahun terakhir yang dilakukan China banyak mengguncang bisnis. Sektor jasa mengalami kontraksi pada Agustus untuk pertama kalinya dalam 18 bulan.

Perusahaan teknologi keuangan Ant Group dilaporkan bernilai setengah dari sebelum rencana penawaran, dan terpaksa merombak bisnisnya. Saham perusahaan transportasi online Didi gagal mendekati harga IPO setelah China mulai menyelidiki perusahaan tersebut awal musim panas ini.

Sikap keras China masih lanjut sampai lima tahun lagi. Cek halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.