Note

Rencana Tapering Off Tak Bakal Kendurkan Harga Emas, Ini Alasannya!

· Views 14

Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas berpotensi tembus ke level US$1.900 per troy ounce karena saat ini berada di fase konsolidasi US$1.800 per troy ounce.

Analis Capital Futures Wahyu Laksono mengatakan faktor utama yang mendorong penguatan harga emas adalah pandemi. Menurutnya, hal itu masih menjadi katalis positif meskipun tapering di depan mata.

“Harga emas ketika 2013 saat tapering anjlok hingga mendekati level US$1.000. Tapi itu kalau bicara tapering yang lalu. Masalahnya sekarang ini pandemic sehingga ekonomi masih terancam,” katanya kepada Bisnis pada Senin (30/8/2021).

Wahyu menambahkan pandemi masih menjadi ancaman utama di seluruh dunia. Maka itu dia optimistis harga emas akan terus mengalami penguatan. Pasalnya Bank of America saja menyatakan ekonomi masih disandera oleh pandemi.

Menurutnya, Amerika juga tidak akan mengurangi surat utang secara massif di pasar karena masih ingin melihat data laporan pekerjaan hingga September. “Data non-farm payroll (NFP) September akan menjadi penentu karena data inflasi masih belum dianggap serius The Fed,” katanya.

Wahyu memperkirakan harga emas akan terkonsolidasi di area US$1.700 sampai dengan US$1.800. Sementara itu area resistance yang kemungkinan tertembus adalah US$1.900. Adapun area support terkuat adalah US$1.660 sampai dengan US$1.700.

Di sisi lain, harga emas bergerak fluktuatif dalam beberapa hari terakhir lantaran investor menantikan pernyataan dari Federal Reserve Amerika Serikat. Hal ini tidak memberikan banyak pengaruh bagi emiten tambang emas di Indonesia.

Salah satunya PT United Tractors Tbk. yang masih optimistis dengan kinerjanya sampai dengan akhir tahun ini.

Emiten berkode UNTR tersebut menargetkan tahun ini bisa mendapai penjualan hingga sekitar 320.000-330.000 oz. Sedangkan, sampai dengan akhir Juli penjualan emasnya sudah mencapai 203.800 oz.

“Dari sisi demand, tidak ada perubahan,” jelas Sara Loebis, Corporate Secretary UNTR kepada Bisnis, Senin (30/8/2021).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.