Note

Badai Tropis Hantam Teluk Meksiko, Harga Minyak Terkoreksi

· Views 18

Seputarforex - Harga minyak mentah dunia terkoreksi pada perdagangan awal pekan (30/Agustus). Pada saat berita ini diturunkan, minyak Brent berada di kisaran $72.71 per barel, turun dari puncak $73.63 yang sempat tersentuh beberapa saat lalu. Sementara itu, minyak WTI (West Texas Intermediate) diperdagangkan pada kisaran $68.54 per barel, mundur 0.45 persen dari level pembukaan harian.

Badai Tropis Hantam Teluk Meksiko, Harga Minyak Terkoreksi

Penurunan harga minyak dipicu oleh badai Tropis Ida yang menerjang kawasan teluk Meksiko. Insiden ini memaksa ditutupnya ratusan anjungan minyak lepas pantai sehingga menghambat produksi. Kawasan teluk Meksiko sendiri merupakan pusat produksi minyak mentah yang memasok sekitar 17 persen dari total produksi nasional AS.

Lebih jauh, terjangan badai berkategori 4 ini dilaporkan telah menimbulkan berbagai kerusakan serius, terutama di Louisiana dan New Orleans. Menyikapi hal ini, Louisiana Offshore Oil Port (LOOP), terminal minyak mentah milik swasta terbesar di Amerika Serikat, telah menghentikan pengiriman sebelum badai.

Colonial Pipeline Co yang merupakan operator pipa minyak bumi terbesar di Amerika Serikat, juga mengatakan akan menghentikan sementara pengiriman bahan bakar dari Houston ke Greensboro, North Carolina. Selain itu, beberapa kilang minyak seperti PBF Energy yang memproduksi 190,000 barel per hari (bph) di Chalmette Louisiana juga menutup operasionalnya.

"(Badai Ida) ini menjadi salah satu bencana alam terkuat dalam satu dekade terakhir yang menerjang kawasan ini," kata Gubernur Louisiana, John Bel Edwards kepada wartawan.

 

Meski demikian, penurunan harga minyak hari ini diperkirakan hanya belangsung sementara. Pada gilirannya nanti, penurunan produksi akan mendorong harga minyak untuk menguat lebih jauh.

"Masih terlalu dini untuk menghitung dampak yang ditimbulkan badai Tropis Ida… Produk minyak yang meliputi bensin dan solar kemungkinan besar akan mengalami kenaikan harga cukup signifikan akibat pemadaman kilang yang menyebabkan berkurangnya pasokan, terutama jika muncul masalah dalam menghidupkan kembali kilang dan jaringan pipa," kata Vivek Dhar, analis komoditas di Commonweath Bank of Australia.

Badai Tropis Hantam Teluk Meksiko, Harga Minyak Terkoreksi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.