Note

Keras! Ini Ancaman Mahfud MD ke Obligor yang Mangkir Dipanggil Satgas BLBI

· Views 10
Keras! Ini Ancaman Mahfud MD ke Obligor yang Mangkir Dipanggil Satgas BLBI
Keras! Ini Ancaman Mahfud MD ke Obligor yang Mangkir Dipanggil Satgas BLBI
Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan Mahfud MD memperingatkan kepada para obligor maupun debitur Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) agar kooperatif ketika dipanggil oleh Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI.

Satgas BLBI sendiri memiliki prosedur pemanggilan berlapis. Pemanggilan pertama dan kedua dilakukan secara personal. Ketika hingga panggilan kedua masih mangkir maka dilakukan pemanggilan dengan cara diumumkan ke publik melalui media massa.

"Upaya pendekatan-pendekatan kalau secara hukum sudah dipanggil secara baik-baik sampai 3 kali tidak datang, ya kita lakukan upaya-upaya lain," ucapnya dalam konferensi pers penyitaan aset BLBI di Perumahan Lippo Karawaci, Kel. Kelapa Dua, Tangerang, Jumat (27/8/2021).

Mahfud pun menjelaskan ada beberapa upaya lain yang bisa dilakukan jika para obligor maupun debitur BLBI itu mangkir. Misalnya upaya gijzeling atau penyitaan. "Bahkan kalau dalam hukum perdata itu bisa juga dengan gijzeling kalau terpaksa dilakukan itu," ucapnya.

Tak hanya itu, dalam prosesnya juga bisa dianggap melakukan wanprestasi. Jika itu terjadi maka artinya sudah ada tindak melanggar hukum.

"Bisa juga dianggap wanprestasi, sampai titik tertentu ditentukan satgas. Kalau sudah wanprestasi artinya sudah melanggar hukumlah," terangnya.

Sementara Ketua Satgas Pelaksana BLBI yang juga merupakan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban menambahkan, pihaknya saat ini masih terus melakukan pemanggilan yang dilakukan melalui tim-tim yang telah dibentuk.

"Pemanggilan terus dilakukan dan pada dasarnya kami di satgas membentuk beberapa tim. Masing-masing tim mereka memegang atau mengendalikan beberapa obligor dan debitur. Ada yang baru mulai dipanggil, ada yang sudah dipanggil dan dalam pembicaraan beberapa orang yang menjanjikan untuk mengajukan proposal," ucapnya.

(das/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.