Note

Pratinjau Inflasi PCE AS Bulan Juli: Prospek Pengurangan QE The Fed Bergantung pada Powell daripada Data Inflasi

· Views 38
  • Inflasi PCE inti diperkirakan akan naik ke 3,6% secara tahunan di bulan Juli.
  • Para investor bisa mengabaikan laporan inflasi menjelang Jackson Hole Symposium.
  • EUR/USD dapat menargetkan 1,1900 jika berhasil menghapus garis tren menurun 3 bulan.

Setelah menerbitkan perkiraan kedua untuk pertumbuhan PDB kuartal kedua pada hari Kamis, Biro Analisis Ekonomi AS akan merilis data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) pada hari Jumat, tanggal 27 Agustus. Para investor memperkirakan Indeks Harga PCE turun ke 3,5% secara tahunan dari 4% di bulan Juni sementara memperkirakan Indeks Harga PCE Inti tahunan, ukuran inflasi pilihan Federal Reserve, naik lebih tinggi ke 3,6% dari 3,5%.

Pratinjau Inflasi PCE AS Bulan Juli: Prospek Pengurangan QE The Fed Bergantung pada Powell daripada Data Inflasi

Grafik Indeks Harga PCE Inti Tahunan

Dalam konferensi pers setelah pertemuan kebijakan FOMC bulan Juli, Ketua FOMC Jerome Powell mengakui bahwa inflasi telah meningkat secara signifikan dan kemungkinan akan tetap tinggi dalam beberapa bulan mendatang sebelum moderasi. "Inflasi bisa menjadi lebih tinggi dan lebih persisten dari yang diharapkan," Powell menambahkan dan mengatakan bahwa risiko inflasi akan naik dalam waktu dekat.

Awal bulan ini, Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) tetap tidak berubah di 5,4% pada basis tahunan di bulan Juli dan IHK Inti turun ke 4,3% dari 4,5% seperti yang diharapkan.

Sementara itu, laporan IMP terbaru yang diterbitkan oleh IHS Markit mengungkapkan bahwa tekanan harga input terus meningkat di awal Agustus. “Tingkat inflasi harga input dipercepat ke rekor tercepat kedua (sejak Oktober 2009), dengan sektor manufaktur dan jasa mencatat kenaikan biaya yang lebih cepat,” tulis publikasi tersebut.

Sebagai kesimpulan, inflasi PCE pada bulan Juli akan mendekati pembacaan di bulan Juni dan hal ini seharusnya tidak mengejutkan para investor, yang menunjukkan bahwa reaksi pasar akan tetap diam. Selanjutnya, Powell akan menyampaikan pidatonya di Jackson Hole Symposium 90 menit setelah rilis data tersebut dan alih-alih bereaksi terhadap data PCE para pelaku pasar dapat memilih untuk menunggu pernyataan Powell.

Pidato Ketua Fed Powell di Jackson Hole: Kehatian-hatian akan Menang

Namun demikian, data  yang lebih kuat dari perkiraan dapat memberikan dorongan jangka pendek bagi greenback karena akan memperkuat pandangan bahwa The Fed akan mulai melakukan pengurangan pembelian aset sebelum akhir tahun dan sebaliknya. Menyusul rally yang menentukan yang disaksikan di pekan sebelumnya, Indeks Dolar AS membalikkan arahnya pekan ini dan tampaknya telah stabil di sekitar 93,00.

Prospek jangka pendek EUR/USD

Setelah merosot ke level terendah 2021 di 1,1664, pasangan EUR/USD berhasil melakukan pemulihan yang menentukan sebelum masuk ke fase konsolidasi di bawah 1,1800. Pada grafik harian, indikator Relative Strength Index (RSI) terus bergerak menyamping di sekitar 50, yang mencerminkan keraguan pasangan mata uang ini.

Pada sisi atas, garis tren turun yang datang dari akhir Mei tampaknya telah membentuk resistance kuat di sekitar level psikologis 1,1800. Dengan penutupan harian di atas rintangan itu, EUR/USD dapat menargetkan 1,1825 (SMA 50-hari) sebelum  1,1900 (level psikologis, resistance statis).

Di sisi lain, support awal terletak di 1,1700 (level psikologis). Jika penjual menyeret EUR/USD di bawah level itu, pasangan mata uang ini dapat melanjutkan penurunannya dan memperbarui posisi terendah 2021 di bawah 1,1660.

Pratinjau Inflasi PCE AS Bulan Juli: Prospek Pengurangan QE The Fed Bergantung pada Powell daripada Data Inflasi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.