Note

Kepercayaan Investor Rontok, Market Cap Setara Rp 8.066 T Lebih Menguap

· Views 36
Kepercayaan Investor Rontok, Market Cap Setara Rp 8.066 T Lebih Menguap

ILUSTRASI. Pejalan kaki menggunakan masker melintas di depan gedung Shanghai Stock Exchange di distrik keuangan Pudong, Shanghai, China, 3 Februari 2020. REUTERS/Aly Song/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Saham-saham teknologi China, Jumat (20/8), merosot ke posisi terendah terbarunya, sebagai akibat dari tindakan keras regulator di China. Kepercayaan investor yang merosot juga berimbas ke penurunan indeks acuan di Hong Kong hingga titik terendahnya dalam 10 bulan terakhir.

Nilai kapitalisasi pasar lebih dari US$ 560 miliar, setara Rp 8.066 triliun lebih, menguap dari bursa Hong Kong dan China daratan dalam sepekan ini. Pengelola dana memilih melepas saham yang dulu dipilihnya, karena tak yakin sektor mana yang akan menjadi target Beijing selanjutnya.

Indeks Hang Seng, Jumat (20/8), merosot 1,8%. Sementara penurunan dalam periode sepekan mencapai 5,8%. Itu merupakan penurunan terbesar sejak puncak kepanikan pandemi di pasar keuangan pada Maret 2020.

Baca Juga: Sentimen global jadi biang kerok IHSG sempat tersungkur ke bawah 6.000

Indeks saham di Shanghai juga jatuh, bersamaan dengan aksi jual utang perusahaan yang berisiko dan valuta China. Yuan menuju ke kerugian mingguan terbesarnya dalam dua bulan terakhir, karena investor bergegas ke tempat yang aman di tengah kekhawatiran virus corona global.

Namun saham perusahaan terkait teknologi China yang tercatat di bursa Amerika Serikat (AS) masih menguat karena aksi bargain hunting. Alibaba Holding Group, Tencent Music Entertainment Group, Didi Global dan iQiyi Inc naik antara 1% dan 4,5%.

“Sebenarnya tidak ada satu pemicu, tetapi banyak bagian yang menambah narasi untuk menjauh dari China. Hampir setiap hari Anda menemui berita negatif hingga terbentuk kesan tidak ada akhir,” kata Dave Wang, manajer portofolio di Nuvest Capital di Singapura.

Baca Juga: Belum ada sentimen positif, begini proyeksi IHSG pekan depan

Di minggu ini saja, China mengumumkan aturan yang lebih ketat tentang persaingan di sektor teknologi. Regulator juga memanggil eksekutif di pengembang properti Evergrande untuk memperingatkan mereka agar mengurangi utang besar perusahaan. Lalu, media pemerintah melaporkan kemungkinan pengetatan aturan bagi produsen minuman keras, yang disukai manajer dana asing.

Setelah tindakan keras, mulai pembuatan baja hingga e-commerce dan pendidikan, langkah tersebut melemahkan kepercayaan di pasar. Setelah terbenam dalam aksi jual selama berbulan-bulan, pasar belum menemukan pijakan untuk bangkit.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

Load Fail()