Note

Lawan Pandemi Lewat Perayaan Kemerdekaan Indonesia dengan Cara Berbeda

· Views 29
Lawan Pandemi Lewat Perayaan Kemerdekaan Indonesia dengan Cara Berbeda Belanja hemat di Aladin Mall (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Pemerintah terus berusaha menekan angka kasus Covid-19. Pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM hingga 16 Agustus 2021.

Status beberapa daerah sudah diturunkan ke level 3 dan 2. Tempat usaha kuliner mulai diperbolehkan melayani makan di tempat, pasar tradisional dan supermarket yang menjual kebutuhan sehari-hari diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Tidak hanya itu, pedagang kaki lima, pangkas rambut, asongan, bengkel kecil, cuci kendaraan, laundry, toko kelontong, dan lainnya juga boleh beroperasi hingga 20.00 WIB.

Baca Juga: Kiat Berhemat saat Harus Melakukan Perjalanan di Masa Pandemi

Pemberlakuan PPKM sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Kementerian Kesehatan melaporkan, angka positivity rate mingguan Covid-19 per 1-7 Agustus 2021 ada di angka 23,78 % dan angka positivity rate harian ada di angka 25,75% (Okezone 8/8/2021).

Angka ini turun dari puncaknya pada 22 Juni 2021 yang mencapai 51,62%. Namun, penurunan kasus ini tidak berarti protokol kesehatan sudah bisa dilonggarkan. Perlu sinergi antara masyarakat, pemerintah, dan pihak-pihak lain untuk tetap tertib melaksanakan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan) agar angka kasus bisa semakin turun lagi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, ada lima elemen strategis yang jadi aktor penting penanganan pandemi, yaitu pemerintah, masyarakat umum, organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, media massa, dan pelaku usaha.

Baca Juga: Gunakan Dana Bansos dengan Bijak, Begini Caranya!

“Dibutuhkan kerja sama, bahu-membahu antar lima elemen strategis ini agar terjadi solidaritas nasional. Semua masalah dapat kita atasi bersama kalau kita semua kompak,” ujar Johnny seperti dikutip Sindonews (6/8/2021).

Kerja sama ini akan terus diperlukan hingga jelang perayaan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Di satu sisi, ingatan sebagian besar orang mungkin akan tertuju pada kebiasaan sebelum pandemi. Ada banyak lomba yang diikuti banyak orang. Pelaksanaan lomba ini tentunya harus kembali ditunda.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.