Note

Reksadana Pasar Uang Diburu Investor Selama Pandemi

· Views 19
Reksadana Pasar Uang Diburu Investor Selama Pandemi Reksadana pasar uang diminati investor (Foto: Okezone)

JAKARTA – Selama masa pandemi Covid-19 reksadana pasar uang menjadi incaran para investor. Dengan keterbatasan mobilitas, pengeluaran seseorang menjadi lebih sedikit sehingga uang yang tersedia banyak dialihkan ke pasar uang.

Perlu diketahui, jumlah investor reksadana pasar uang pada Juni 2021 sudah mencapai 4,93 juta orang. Sementara, total dana kelolaan reksadana per Juli 2021 mencapai Rp511,593 triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar 0,20% dibandingkan dengan Juni 2021 sebesar Rp510,990 triliun.

Baca Juga:  Mau Beli Reksadana? Begini Cara Mainnya

“Masa pandemi banyak dana menganggur yang tersimpan di bank sehingga alternatif dari tabungan dan deposito paling aman adalah ke pasar uang. Sekarang ini pasar uang menawarkan keamanan, likuiditas, dan juga kemudahan transaksi. Karena banyak investor baru membelinya melalui agen-agen penjual online di aplikasi,” ujarHead of Research Infovesta Wawan Hendrayana dalam diskusi di Market Review IDX Channel, Jumat (13/8/2021).

Jaca Juga: Ada Obligasi, Sukuk hingga Reksadana, Bedanya Apa Ya?

Dengan naiknya animo investor baru ke pasar uang, ia berharap jika obligasi dan saham dapat bangkit, ke depannya investor akan melirik ke sektor-sektor tersebut.

Lebih lanjut, ia menerangkan terdapat dua jenis aset yang diminati di dalam reksadana pasar uang, yakni deposito dan obligasi jangka pendek. Maka dari itu, secara umum pasar uang jarang sekali mengalami kerugian. Melainkan, kinerja pasar uang setara dengan deposito.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.