Note

Aturan Lengkap ke Mal dan Restoran Selama PPKM Level 4

· Views 21
Aturan Lengkap ke Mal dan Restoran Selama PPKM Level 4
Warga Bekasi Antri Panjang demi Vaksinasi COVID-19/Foto: Rengga Sencaya
Jakarta

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sampai 16 Agustus 2021. Ada pelonggaran yang diberikan yakni pembukaan pusat perbelanjaan (mal) secara bertahap.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal terlebih dahulu di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dengan kapasitas 25% selama seminggu ke depan.

"Pemerintah akan lakukan uji coba pembukaan gradual untuk mal, pusat perbelanjaan di level 4 dengan implementasi protokol kesehatan. Uji coba ini akan dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dengan kapasitas 25% selama seminggu ke depan," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021) malam.

Syarat bagi mereka yang ingin masuk ke mal adalah sudah divaksinasi COVID-19 dan memiliki aplikasi PeduliLindungi untuk pengecekannya. Selain itu, anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun juga dilarang untuk masuk ke mal.

"Hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal, dan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi," tegas Luhut.

Selain itu juga akan ada pelonggaran protokol kesehatan bagi masyarakat yang telah divaksinasi COVID-19 ketika mengunjungi restoran. Misalnya bisa empat orang dalam satu meja dan boleh lepas masker.

"Bisa dibayangkan seperti itu. Jadi kalau yang sudah divaksin mungkin bisa semeja berempat, bisa buka masker," ucap Budi.

Berbeda bagi pengunjung yang belum divaksin, akan diterapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. "Yang belum vaksin mungkin harus satu meja berdua dan ditaruh di ruangan terbuka," kata Budi.

(aid/zlf)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.