Note

Di Bawah 7%, Segini Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III-2021

· Views 29
Di Bawah 7%, Segini Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III-2021
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 sebesar 7,07%. Direktur Eksekutif Institute for Development on Economics and Dinance (INDEF), Tauhid Ahmad mengatakan pertumbuhan tersebut disebabkan oleh fenomena low base effect.

Di negara lain menurutnya jauh lebih besar upaya memperbaiki ekonomi dengan momentum yang sama. Dia mencontohkan di China yang sempat tumbuh dari minus 6,8% menjadi positif 1,3%. Menurutnya, China telah lebih dulu mengalami pertumbuhan di kuartal I-2021.

Lalu bagaimana di kuartal III nanti? Apakah napas pertumbuhan ekonomi bisa terjaga? Menurut Tauhid tantangan yang dihadapi pada triwulan III adalah peningkatan penyebaran virus COVID-19 varian delta.

Ketahanan Indonesia dalam menghadapi varian delta dinilainya termasuk yang paling rendah dari sisi penanganan dan vaksinasi.

"Kita cukup menderita dan bisa memastikan varian delta bisa dikurangi, Sampai hari ini kan varian delta angkanya sudah di atas 35 ribu kasus dan ini akan masih menjadi ancaman. Permintaan akan melambat terutama dari negara mitra dagang termasuk India yang masih berkutat dengan penanganan COVID-19," jelasnya.

"Intinya kita lihat kuartal III-2021 polanya akan sama dengan kuartal II-2020 bahwa mobilitas baik untuk ritel, transportasi, tempat kerja itu akan drop luar biasa dan pertumbuhan ekonomi kita juga akan terdampak," sambungnya.

Belum lagi dilihat dari faktor vaksinasi yang masih rendah dan efektivitas PEN. Pihaknya mengungkapan, realisasi PEN hingga semester I ini 36,1%, di mana tiga kebutuhan utama penanganan pandemi masuk ke dalam tingkat terendah.

Atas dasar kondisi tersebut, bagaimana prediksi ekonomi Indonesia di kuartal III nanti? Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.