Note

Survei Reuters: Dolar Kanada Lebih Bullish Daripada Greenback

· Views 29

Pasangan mata uang USD/CAD berada dekat rentang tertinggi tiga bulannya dalam perdagangan hari ini (5/8/2021), yakni pada kisaran 1.2490-an. Dolar AS telah menguat selama beberapa waktu belakangan ini berkat spekulasi seputar prospek tapering dan kenaikan suku bunga Federal Reserve. Namun, para analis yang disurvei oleh Reuters justru memperkirakan bank sentral Kanada (BoC) akan menaikkan suku bunga lebih awal daripada The Fed.

Survei Reuters: Dolar Kanada Lebih Bullish Daripada Greenback

Dari sebuah survei yang diselenggarakan pada 2-4 Agustus kemarin, para ekonom memperkirakan dolar Kanada bakal menguat sekitar 2.4 persen ke 1.2250 per dolar AS dalam tempo tiga bulan ke depan. Loonie kemudian berpotensi menguat lebih lanjut ke 1.21 dalam satu tahun ke depan.

Sejumlah faktor yang bakal berkontribusi memperkuat dolar Kanada antara lain kenaikan suku bunga BoC yang lebih awal dan tingkat vaksinasi COVID-19 yang tinggi. Perbaikan saldo neraca berjalan Kanada serta tingginya harga komoditas juga turut berpengaruh.

“Kami memperkirakan loonie akan menguat sedikit dalam tahun depan,” kata Greg Anderson dari BMO Capital Markets, “BoC kemungkinan akan mulai mempersiapkan pasar untuk kenaikan suku bunga pertamanya sekitar bulan-bulan ini pada tahun depan, sedangkan The Fed tertinggal di belakang.”

Baca Juga:   Keuntungan USD / JPY Karena AS Optimis Angka Penjualan Ritel Yang Baik

BoC bulan lalu melanjutkan pemangkasan bertahap (tapering) atas program pembelian obligasinya dari CAD3 miliar menjadi CAD3 miliar. BoC juga mempertahankan prakiraan kenaikan suku bunga pertama pada paruh kedua tahun 2022.

Sementara itu, Kanada membukukan surplus pertamanya sejak 2008 dalam neraca transaksi berjalan kuartal I/2021. Perbaikan ini meningkatkan outlook positif bagi Loonie, karena berarti terdapat arus dana asing masuk dalam jumlah lebih besar daripada dana yang keluar.

Harga minyak mentah jatuh-bangun dalam beberapa minggu terakhir, tetapi masih berada pada kisaran tertinggi 7 tahunnya di sekitar USD77 per barel. Komoditi ini berkontribusi besar bagi GDP dan ketenagakerjaan Kanada.

Penyebaran COVID-19 varian Delta sempat menggoyahkan sejumlah data ekonomi Kanada. Tapi, negeri bersimbol daun mapel ini termasuk salah satu negara terdepan dalam program vaksinasinya. Sekitar 72 persen populasi Kanada telah menerima setidaknya 1 dosis vaksin, sedangkan 60% populasi sudah sepenuhnya tervaksinasi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.