Note

Komentar Hawkish Pejabat The Fed Jaga Momentum USD

· Views 23

Indeks dolar AS (DXY) hari ini (5/8/2021) mempertahankan penguatan pada kisaran 92.25. Momentum greenback tertopang oleh komentar bernada hawkish yang dilontarkan oleh seorang pejabat Federal Reserve pada paruh kedua sesi New York kemarin.

Komentar Hawkish Pejabat The Fed Jaga Momentum USD

Pada hari Rabu malam waktu setempat, Wakil Ketua The Fed Richard Clarida mengatakan bahwa persyaratan untuk menaikkan suku bunga dapat terpenuhi pada akhir tahun 2022. Dengan demikian, kenaikan suku bunga pertama The Fed mungkin terjadi pada awal 2023.

Clarida dan tiga anggota The Fed lain juga mengisyaratkan kesiapan untuk melakukan tapering atas pembelian obligasi pada akhir tahun ini, atau awal tahun depan. Waktunya akan ditentukan oleh kondisi pasar tenaga kerja AS selama beberapa bulan ke depan.

“Komentar Clarida memungkinkan dolar untuk bertahan hingga (rilis) data payroll pada hari Jumat,” kata Francesco Pesole dan Chris Turner, pakar strategi FX dari ING, “Untuk hari ini, dolar mungkin hanya dapat menemukan sejumlah stabilisasi di tengah kalender AS yang cukup sepi (fokus hanya pada klaim pengangguran).”

Baca Juga:   Prospek "No-Deal Brexit" Dilibas, Poundsterling Melejit

Prediksi seputar rilis data Non-farm Payroll (NFP) masih rancu, karena penyebaran virus SARS-COV-2 varian Delta dan adanya kesenjangan di pasar tenaga kerja. Prakiraan median untuk angka payroll saat ini berada pada 870k, tetapi prakiraan para analis tersebar antara 350k hingga 1.6 juta.

Rilis sejumlah data ekonomi lain dari AS kemarin mempersulit situasi. ADP melaporkan angka-angka Non-farm Employment Change yang meleset dari ekspektasi, sedangkan ISM mengungkap skor PMI Jasa yang menggapai rekor tertinggi baru sepanjang masa.

Komentar Clarida terutama menghantam kurs EUR/USD. Sejumlah mata uang mayor lain sudah mulai bangkit terhadap greenback hari ini, tetapi EUR/USD masih terpuruk pada rentang terendah sepekan di level 1.1837. Masalahnya, prospek kenaikan suku bunga The Fed membuat outlook dolar AS makin bullish versus euro.

Berlawanan dengan nasib euro, NZD/USD justru reli selama tiga hari beruntun. Pasalnya, manuver bank sentral New Zealand (RBNZ) untuk mengetatkan peraturan KPR justru mengakibatkan pelaku pasar optimistis terhadap kemungkinan kenaikan suku bunga dalam rapat kebijakan berikutnya di pertengahan bulan ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.