Note

Lanjutkan Tren Positif, Rupiah Kembali Dibuka Menguat

· Views 17

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah kembali dibuka di zona hijau pada perdagangan hari ini, Rabu (4/8/2021).

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,03 persen atau 80 poin menjadi Rp14.337,5 per dolar AS. Sementara indeks dolar AS terpantau turun 0,05 persen ke level 92,035.

Sebelumnya, Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, rupiah berpeluang melanjutkan tren penguatannya pada perdagangan hari ini.

“Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp14.310 - Rp14.380,” ujar Ibrahim dikutip dari laporannya.

Sementara itu, berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup terapresiasi 0,56 persen atau 80 poin menjadi Rp14.342 per dolar AS pada Selasa (3/8/2021). Sementara indeks dolar AS terpantau turun 0,04 persen ke level 92,012.

Ibrahim menjelaskan, penguatan rupiah pada hari ini berasal dari sentimen di dalam negeri maupun global yang mendukung. 

“Pasar merespons positif kebijakan pemerintah yang mengumumkan PPKM level 4 yang diperpanjang hingga tanggal 8 Agustus 2021 mendatang. Dan PPKM level 4 ini akan diberlakukan merata di seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya di Jawa-Bali,” jelasnya.

Perpanjangan PPKM Level 4 ungkap Ibrahim mengacu pada berbagai aspek yang sampai saat ini belum ada indikasi Covid-19 menurun bahkan mengalami peningkatan di luar Jawa Bali. Sedangkan fokus vaksinasi hingga saat ini masih berfokus di kota-kota besar yang notabene dapat menopang perekonomian Indonesia seperti Jabodetabek.

Ibrahim menilai rencana pemerintah mulai menggencarkan vaksinasi di bulan Agustus sebanyak  60-70 juta vaksin yang akan difokuskan ke provinsi-provinsi lain yang saat ini sedang membutuhkan penanganan akibat varian delta, sehingga akan membuka peluang pelonggaran PPKM Level 4.

Di sisi lain, Ibrahim menyatakan investor agak ditenangkan oleh desakan Ketua Fed Jerome Powell bahwa kenaikan suku bunga adalah "jalan jauh" karena Fed menurunkan keputusan kebijakan terbarunya selama minggu sebelumnya. 

Kemudian Ibrahim menyampaikan perekonomian terbesar kedua di dunia, China terus  berjuang untuk mengekang wabah Covid-19 terbaru, yang menyebar dari pantai ke kota-kota pedalaman. 

Serta Jepang saat ini memperpanjang keadaan darurat, yang saat ini mencakup Tokyo dan Okinawa, ke prefektur Osaka, Chiba, Kanagawa, dan Saitama pada hari Senin.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.